Berita Sepak Bola

Uniknya Profesi Pesepakbola Dunia Pasca Pensiun

profesi mantan pesepakbola dunia

Berita Bola Dunia – Banyak pesepakbola dunia yang tidak melanjutkan kariernya di dunia sepakbola setelah pensiun. Mereka malah menjalani profesi lain yang ternyata tak kalah unik.  Walau biasanya, banyak pemain yang pensiun memutuskan menjadi pelatih.

Pesepakbola dunia yang disebut-sebut menjadi pelatih saat ini adalah Xavi, yang kini melatih Al Sadd dan Zinedine Zidane bersama Real Madrid dan pelatih sepakbola lainnya. Ada juga yang menjadi petinggi klub, seperti Javier Zanetti hingga Paolo Maldini.

Namun, ada beberapa pesepakbola yang malah menggeluti profesi unik yang tidak ada kaitannya dengan dunia sepak bola. Siapa saja mereka? Berikut ulasan lengkap profesi mantan pesepakbola dunia :

Dario Silva

profesi mantan pesepakbola dunia

Mantan penyerang timnas Uruguay tersebut dengan catatan rekor 114 gol ketika bergabung dengan Sevilla dan Malaga, saat ini malah menjadi pelayan pizza di Costa del sol.

Arjan De Zeeuw

profesi mantan pesepakbola dunia

Mantan pemain dari Belanda ini pernah memperkuat Portsmouth dan Wigan. Ia pernah belajar kedokteran selama menjadi pemain sepakbola. Setelah pensiun, Arjan menjadi detektif swasta yang berkaitan dengan dunia kedokteran forensik.

Faustino Asprilla

profesi mantan pesepakbola dunia

Profesi unik pemain yang sudah pensiun lainnya datang dari pemain Kolombia ini. Sebelumnya, dia menjadi legenda untuk Parma, dia juga populer di St. James Park dengan Newcastle United. Memutuskan pensiun, dia bekerja dalam dunia kontrasepsi dan menjual kondom dengan merek Tino yang laris di Amerika Selatan.

David May

profesi mantan pesepakbola dunia

David May bergabung ke Manchester United di tahun 1990-an. Di sana, dia mendapatkan dua gelar liga, dua Piala FA, serta Liga Champions. Kini, dia memilih menjadi importir minuman wine setelah pensiun.

Chase Hilgenbrinck

profesi mantan pesepakbola dunia

Profesi mantan pesepakbola dunia lainnya datang dari Hilgenbrink. Dia sendiri pernah menjadi pemain populer di Chili dan di MLS. Di tahun 2008 silam, ia beralih profesi menjadi seorang Pendeta.

Jody Craddock

profesi mantan pesepakbola dunia

Jody Craddock pernah tampil di Sunderland dan Wolves. Namun, dia kini beralih profesi dalam bidang seni, potret, grafiti, hingga foto-realisme setelah memutuskan gantung sepatu.

Phillippe Albert

profesi mantan pesepakbola dunia

Pemain Belgia yang satu ini menjadi legenda di Newcastle United dan kini, ia menggeluti dunia televisi. Selain itu, dia juga berbisnis buah dan sayuran.

Hakan Sukur

profesi mantan pesepakbola dunia

Mantan Pesepakbola dunia yang terakhir ini adalah pemain dari Turki. Dia sempat mendapat kendala dalam kariernya setelah masalah pemerintahan Recep Tayyip Erdogan. Ia kini menetap di Amerika Serikat dan menjadi pengemudi Uber setelah usaha barnya gagal.