Advertisement
Berita Sepak Bola Bursa Pemain Gosip Liga Inggris Liga Prancis

Unai Emery Yakin Arsene Wenger Mampu Mengelola PSG Dengan Baik

Arsene Wenger dipastikan akan meninggalkan Arsenal setelah kampanye musim ini berakhir. Meski usianya telah memasuki 68 tahun, pelatih Paris Saint Germain yaitu Unai Emery , takkan heran jika ia kembali kenegaranya Prancis dan mengelola salah satu klub papan atas di Ligue 1. Ia bahkan juga yakin dengan pengalamannya bisa menjadikan dirinya sebagai pelatih kepala di PSG kedepannya.

Unai Emery dan Arsene Wenger berjabat tangan
Unai Emery dan Arsene Wenger berjabat tangan

Memang pada akhir pekan lalu, Wenger secara mengejutkan mengungkapkan pengunduran dirinya sebagai manajer Arsenal setelah musim ini berakhir. Betapa tidak, pria asal Prancis tersebut telah menguasai bangku kepelatihan selama hampir 22 tahun secara beruntun, tanpa ada satu pun pelatih yang menggantinya. Bahkan di musim lalu saat para penggemarnya menginginkannya turun dari jabatannya dengan segera, ia tak bergeming dan menambah masa baktinya selama dua tahun lagi.

Meskipun Wenger pada akhirnya menyatakan keinginan untuk tak melatih Arsenal, Ia diketahui tidak memiliki rencana untuk pensiun dari dunia sepak bola. Ia pun diketahui menargetkan akan segera kembali bekerja dibalik layar, baik sebagai pelatih atau menjadi salah satu dewan klub.

Banyak yang mempertanyakan siapakah yang akan menggantinya, namun diantara beberapa kandidat, Unai Emeryadalah salah satu nama yang dikaitkan dengan Arsenal. Pasalnya mereka percaya kemampuannya sangat cakap walaupun PSG tak menginginkannya dimusim panas mendatang. Ini dikarenakan mantan pelatih Sevilla itu gagal mencapai tahap terakhir Liga Champions namun ia telah membawa raksasa Liga Prancis itu, telah menebusnya dengan meraih gelar juara Ligue 1 dan Coupe de la Ligue.

Massimiliano Allegri dan Thomas Tuchel
Massimiliano Allegri dan Thomas Tuchel

Disisi lain, Wenger pun telah dihubung-hubungkan untuk mengambil pekerjaan Emery di PSG. Namun ia memang bukanlah satu satunya kandidat pelatih yang akan mengisi kursi panas tersebut. Hal ini dikarenakan, PSG juga dikaitkan dengan Thomas Tuchel dan juga Massimiliano Allegri untuk mengambil alih juara Ligue 1 di musim panas.

Emery pun sempat mengungkapkan pendapatnya tentang kemungkinan Wenger melatih PSG dengan mengatakannya dalam konferensi pers belum lama ini,

“Dia adalah referensi pelatih untuk dunia sepakbola dan kami. Dia telah memberi inspirasi untuk olahraga ini,” katanya. “Setiap tahun, selusin pelatih bertemu di Nyon dan Wenger adalah referensi bagi kita semua. Dia juga selalu berbicara baik tentang saya.”.

“Saya sangat mengaguminya sebagai pribadi dan sebagai pelatih. Dia memiliki kualitas dan pengalaman untuk melatih tim-tim terbaik di dunia, seperti PSG.”.

Mungkin yang diungkapkan Unai Emery ada benarnya, namun melihat hasil yang diperoleh Arsene Wenger dari awal hingga ia akan meninggalkan Arsenal setelah musim ini berakhir tentu cukup mengherankan. Jika pelatih berusia 68 tahun itu  kembali ke Prancis dan mengelola salah satu klub papan atas di Ligue 1, hal itu masih memungkinkan namun jika mengelola Paris Saint Germain yang menginginkan semua gelar disemua kompetisi, rasanya sulit dibayangkan.