Advertisement
Piala Eropa

Turnamen Euro Telah Menghadirkan Pencetak Gol Tertua Sepanjang Masa

Pargelaran Euro tentunya sudah menjadi turnamen bergengsi kasta kedua setelah Piala Dunia. Dalam turnamen tersebut pastinya beberapa pemain kelas dunia ingin sekali tampil dalam ajang tersebut, alhasil mereka semua akan tampil habis-habisan dalam setiap pertandingannya.

Turnamen Euro Telah Menghadirkan Pencetak Gol Tertua Sepanjang Masa

Biasa nya para pelatih dari masing-masing peserta turnamen akan membawa pemain terbaik mereka dan biasa nya lagi pemain-pemain yang mereka bawa adalah pemain yang sudah matang kisaran usia 20an serta pemain dengan berstatus sebagai pemain terbaik di negara nya. Selain kedua kategori pemain ini, para pelatih tentunya akan membawa beberapa pemain senior untuk bisa menjaga keseimbangan dalam tim nya.

Sebagai bahan penambah jika kehadiran pemain tua ini tidak akan tampil secara penuh dalam turnamen, namun tidak terkecuali mereka akan tampil baik dalam turnamen itu dan bisa saja mereka menjadi penentu langkah dari tim tersebut. Hal ini lah yang terjadi pada sosok Ivica Vastic di timnas Austria pada ajang Euro 2008.

Vastic sendiri merupakan pemain biasa-biasa saja dan dia tidak begitu dikenal di Eropa, pasalnya sang pemain lebih banyak menghabiskan bermain di liga lokal Swiss dan beberapa kali berganti klub dengan bergabung ke liga Jepang bersama Nagoya Grampus Eight. Namun dia merupakan salah satu pemain langganan timnas Austria semenjak mendapatkan debut di Das Team pada musim 1995.

Dalam ajang Euro 2008 yang digelar di Swiss dan Austria, Vatic secara megejutkan masuk dalam daftar skuat timnas Austria karena sang pelatih Josef Hickersberger terpesona dengan penampilan Vatic diatas lapangan dan pemanggilan ini menjadi yang spesial untuk Vatic, pasalnya sudah 2 tahun lebih dia absen memperkuat timnas Austria.

Timnas Austria sendiri ketika berlaga di Euro 2008 tergabung dalam Grup B bersama Polandia, Kroasia dan juga Jerman. Adapun perjalanan Austria di turnamen tersebut hanya mampu pada posisi ketiga klasemen grup. Namun bukan itu yang menjadi daya tarik dalam Euro 2008. Yang menarik itu adalah ketika Vatic berhasil melesakkan gol ke gawang Polandia dari titik penalti di menit-menit akhir. Selain itu, gol Vatic juga gol tertua dalam sejarah pargelaran Euro. Pada saat itu, Vatic genap berusia 38 tahun dan 257 hari sehingga dirinya menjadi pemain tertua yang berhasil mencetak gol dalam turnamen elite di benua Eropa tersebut dan rekor terbaik Vatic ini masih bertahan sampai sekarang ini.