Advertisement
Berita Sepak Bola Liga Inggris

Tiongkok Geser Amerika Serikat Dalam Hak Siar EPL

Tiongkok benar-benar menjadi negara besar dengan segala kejutannya diberbagai bidang, kini mereka direncanakan akan kembali membuat gebrakan dalam hal sepakbola. Dimana Tiongkok telah siap menggeser Amerika Serikat sebagai pemegang rekor hak siar termahal Liga Primer Inggris di luar negeri menyusul kesepakatan yang dicapai Suning Holdings Group.

Tiongkok Geser Amerika Serikat Dalam Hak Siar EPL

Berdasarkan dari berita yang diluncurkan oleh media Tiongkok menjelaskan bahwa Suning membeli hak siar EPL untuk wilayah Tiongkok dan Makau dengan nilai total 721 juta dollar selama tiga tahun, dimulai dari musim 2019 hingga 2020.

Sebelumnya ada nama NBC sebagai pemegang hak siar EPL di Negeri Paman Sam yang diketahui membayar 166,66 juta dollar per tahun selama enam musim, sedangkan yang akan tercapai baru ini adalah nilai transaksi Tiongkok hingga 240,33 juta dollar per tahunnya.

Bisa dilihat dan dihitung bersama jika ditotal maka nilai besar ini berharga sepuluh kali lipat dari pada yang dibayarkan Super Sports Media Group sebagai penguasa hak siar EPL di Negeri Tirai Bambu saat ini.

Kesepakatan ini semakin membuktikan Suning sebagai penguasa dari pasar global yang meliputi berbagai hal. Selain membeli klub Liga Super Tiongkok (CSL) Jiangsu Sainty yang kemudian berubah nama jadi Jiangsu Suning pada Desember 2015 lalu ini telah melebarkan sayap nya hingga ke negeri Italia, dimana perusahaan ini juga baru mengakusisi tim Serie A Italia, Inter Milan pada bulan Juni kemarin.

Dalam catatan yang sudah ada, klub Jiangsu dua kali memecahkan rekor transfer CSL pada Januari 2016 dengan membeli Ramires dari Chelsea seharga 25 juta poundsterling dan selanjutnya aura kekuatan finansial mereka kembali ditunjukan dengan menebus Alex Teixeira dari Shakhtar Donetsk dengan banderol 50 juta poundsterling.