Piala Dunia

Timnas Mesir Diminta Pertahankan Mohamed Salah

Salah Piala Dunia 2018

Salah Piala Dunia 2018Para suporter tim nasional Mesir mendukung Mohamed Salah dan memintanya untuk bertahan di Tim nasional Mesir. Dukungan tersebut disampaikan melalui media sosial dengan tanda pagar I’m with Salah, Senin (25 Juni 2018) kemarin.

Salah dikabarkan mengancam meninggalkan Timnas Mesir setelah diminta berfoto bersama Presiden Republik Chechnya, Ramzan Kdyrov. Sepanjang berlangsungnya Piala Dunia 2018, kesebelasan Mesir memang memilih Chechnya sebagai base. FA Mesir memilih Chechnya karena disana banyak tersedia makanan halal untuk para pemain. Chechnya juga memiliki hotel bintang lima yang bagus.

Penyerang andalan Liverpool itu disebut-sebut kesal karena fotonya digunakan sebagai media agenda politik tertentu, terutama melalui foto dengan pemimpin Chechnya itu. Para suporter meminta Asosiasi Sepakbola Mesir berhenti menggunakan Salah untuk kepentingan politik.

Pada Sabtu (23 Juni 2018), agen Salah, Ramy Abbas membenarkan jika sang pemain merasa kecewa. Salah sebenarnya dikabarkan sudah bersitegang dengan pihak Federasi Sepak Bola Mesir sejak bulan April silam atas pelanggaran hak komersial. “Ini adalah sebuah penghinaan besar,” kata Salah di akun media sosial Twitternya.

Sementara itu, bantahan bahwa Salah akan meninggalkan timnas dikeluarkan oleh FA Mesir. “Berita Mo Salah ingin pergi sangat tidak benar. Mo masih bersama kita sekarang dan dia bahagia di timnas. Dia masih berkumpul bersama dengan rekan timnya. Dia berlatih bersama tim dan semua baik-baik saja,” kata FA Mesir.

Presiden Republik Chechnya, Ramzan Kdyrov jadi sorotan karena dituding terlibat kasus pelanggaran hak asasi manusia. Menurut media Mesir, Salah merasa dimanfaatkan melalui foto tersebut. Foto tersebut banyak dibicarakan selama Piala Dunia, serta membuat Salah panen kritikan.

Kelompok pembela Hak Asasi Manusia juga ikut mengeluarkan tanggapan terhadap kabar Salah akan hengkang dari Timnas Mesir. Mereka meminta FIFA untuk ikut turun tangan dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Mohamed Salah sendiri absen dalam pertandingan pembuka Mesir di Piala Dunia melawan Uruguay. Dia kembali untuk pertandingan melawan tuan rumah Rusia, dan mencetak gol penalti. Sayangnya Mesir dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2018.