Advertisement
Liga Spanyol Serba Serbi

Tersandung Kasus Narkoba, Mantan Kapten Barca Ini Terancam Hukuman Berat

Eks bintang sekaligus kapten Barcelona, Rafael Marquez sedang terlibat masalah dengan Departemen Keuangan Amerika Serikat atas tuduhan keterlibatan dalam proses pencucian uang terkait perdagangan narkoba kelas internasional.

Agen pemerintahan Amerika menyebut jika perdagangan yang dipimpin Raul Flores Hernandez, dengan Marquez bersama 22 orang lainnya dinyatakan sebagai komplotan yang bekerja sama dengan sosok kelas kakap Narkotika tersebut.

Tak hanya itu saja, mereka juga diklaim telah melakukan pencucian uang yang terbilang sangat besar. Departemeh keuangan melanjutkan jika sebuah tim sepakbola dan Casino turut berada di antara 43 kelompok lain yang siap dilanjutkan berkas pembuktian ke jalur hukum.

Berdasarkan keterangan yang dirilis oleh departemen Amerika tersebut, nama Marquez dan musisi populer Julion Alvarez muncul sebagai yang terkuat dalam kasus ini dan rencananya semua berkas ini akan segera diproses dalam waktu dekat.

“Kedua sosok ini diduga memiliki keterikatan dengan Flores Hernandez dan telah berperan sebagai orang penting bagi dia dan beberapa diantaranya telah memegang aset penting yang jumlahnya tidak sedikit,” demikian pernyataan resmi dari Departemen keuangan yang bermarkas di Amerika tersebut.

Jika merujuk pada sanksi yang akan diterima oleh semua tersangka termasuk sang mantan pemain Barca dan Monaco ini, maka sebagaian besar aset kepunyaan Marquez yang berada di bawah yurisdiksi Amerika Serikat akan dibekukan dan orang-orang dari U.S dilarang untuk perdagangan dengannya.

Kasus ini telah melengkapi beberapa banyak dari mantan pemain sepakbola dunia yang terjerat kasus Narkoba. Diego Maradona adalah salah satu kasus yang terbesar dalam sejarah sepakbola atas keterlibatannya dengan gebong besar Narkoba dan kini Marquez menambah daftar hitam mantan pemain Barca yang ikut terjerat kasus serupa.

Sepanjang perjalanan karirnya sebagai pemain sepakbola, Marque dikenal sebagai kapten terlama timnas Meksiko. Ketika memperkuat Barca, Marquez mampu mengoleksi empat trofi La Liga Spanyol dan dua Liga Champions. Terakhir kali dirinya bermain di ajang Eropa adalah bersama Monaco sebelum akhirnya kembali memutuskan pulang kampung dengan bermain diliga Meksiko.