Advertisement
Piala Eropa

Terkendala Kasus Doping, Peluang Sakho Perkuat Prancis Di Euro 2016 Tipis

Komisi disiplin tertinggi benua Eropa, UEFA memberikan pernyataan resmi kepada bek Liverpool, Mamadou Sakho bahwa pemain tersebut telah gagal lolos dalam tes doping. Alhasil Sakho terancam tidak bisa bermain bersama timnas Prancis di putaran final Euro 2016 bulan Juni hingga Juli mendatang.

Terkendala Kasus Doping, Peluang Sakho Perkuat Prancis Di Euro 2016 Tipis

Dalam keterangan resminya UEFA menambahkan jika Sakho telah gagal menjalani tes doping usai Liverpool berhasil menyingkirkan Manchester United pada ajang Liga Europa pada bulan Maret kemarin. Akan tetapi selang beberapa hari, barulah pihak UEFA mengirimkan berkas nya kepada Liverpool, tepatnya pada tanggal 22 April 2016.

Dalam hal ini, pihak The Reds sudah melayangkan surat resmi atas kegagalan tes doping Sakho dan pihak nya tidak akan memainkan Sakho dalam sisa pertandingan musim ini di Premier League Inggris sampai benar-benar adanya hukuman yang akan diterima oleh Sakho dari UEFA.

Di kubu Liverpool, bukan Sakho saja yang terseret kasus tersebut. Terbukti ada nama Kolo Toure yang pernah mengalami kejadian itu pada 2011 dan saat itu pula Toure mendapatkan hukuman larangan bermain selama 11 bulan di berbagai kompetisi. Sedangkan hukuman yang akan diterima Skaho belum bisa diketahui, namun banyak yang menilai jika dia akan menerima hukuman yang sama dengan Toure.

Jika hukuman ini benar terjadi pada kubu Sakho, sangat jelas jika sang pemain akan melewatkan sisa musim Premier League Inggris sedikit lebih cepat dan hal ini bisa lebih parah lagi dengan pencoretan nama nya dalam skuat Didier Deschamps yang akan berlaga di putaran final Euro 2016. Bukan itu saja, segala sesuatu yang menyangkut sponsor atau hak cipta sang pemain akan dicopot sementara sampai pada akhirnya Sakho terbebaskan dari semua hukuman tersebut.