Tak Seharusnya Swedia Kalah

Tak Seharusnya Swedia Kalah

Tak Seharusnya Swedia Kalah

Swedia tak seharusnya kalah saat berhadapan dengan Jerman yang berakhir dengan skor 1-2, hal tersebut dikatakan oleh sang pelatih Swedia Jeanne Andersson. Anderson juga menganggap Swedia pantas raih tendangan penalti.

Jerman lakukan comeback secara dramatis untuk menangkan laga yang berlangsung pada hari Minggu (24/6/2018) dinihari WIB di Stadion Fisht. Usai Ola Toivonen menembus penjagaan Manuel Neuer dan kedudukan berubah 1-0 di babak pertama membuat Swedia lebih awal unggul.

Marcus Berg sempat diganjal Jerome Boateng di area penalty dan Swedia mengatakan itu adalah penalti. Tetapi kenyataanya sang wasit yang berasal dari Polandia Szymon Marciniak tidak setuju.

“Kejadian tersebut nampak menjadi sebuah penalti — maka kalau kita punya sistemnya — anehnya sang wasit tak perlu pergi untuk periksa lewat VAR. Saya memang tak melihatnya dengan mata kepala saya sendiri, namun saya yakin dengan kolega saya yang mengatakan hal tersebut merupakan sebuah penalti,” ucap Andersson.

Marco Reus ciptakan angka balasan Jerman di menit 48 usai turun minum. Laga berikutnya berlangsung seru namun karena menerima kartu kuning kedua pada menit 82 Jerman harus kehilangan Boateng.

Jerman dapat mengambil hasil oke walau tampil dengan sisa 10 orang. Usai sepakan bebas Toni Kroos membobol gawang Swedia pada beberapa detik terakhir laga, sosoknya menjadi pahlawan untuk Jerman.

“Penjaga gawang kami buat sejumlah penyelamatan oke tidak seperti Kiper Jerman, namun kami tak raih paling tidak 1 poin yang membuat saya merasa kurang beruntung,” lanjut Andersson.

“Ini bukan kesalahan dari siapapun atau strategi. Dalam karier saya Ini mungkin merupakan akhir laga paling berat — namun kami perlu bangkit untuk laga selanjutnya dan kami masih terus hidup.”

Hasil ini bikin Swedia catatkan total 3 poin dan tempati posisi 3 klasemen Grup F piala dunia 2018, sama dengan Jerman di atasnya. Swedia bakal tantang Meksiko di babak penentuan kelolosan sementara Jerman akan berhadapan dengan Korea Selatan pada tanggal 27 juni nanti.