Berita Sepak BolaBursa PemainLiga Jerman

Tak Ingin Pensiun, Robben Ingin Seperti Schweinsteiger

Bastian Schweinsteiger dan Arjen Robben taji

Arjen Robben mengatakan kepada Sportbuzzer bahwa dia tidak memiliki rencana untuk pensiun dan kemungkinan besar ia bisa mengikuti jejak dari mantan rekannya Bastian Schweinsteiger dan pindah ke Major League Soccer. Pemain sayap Bayern Munich itu juga mengatakan bahwa dirinya akan mempertimbangkan untuk bermain menuju Chinese Super League atau Qatar.

Bastian Schweinsteiger dan Arjen Robben taji

Bastian Schweinsteiger dan Arjen Robben

Memang Robben telah membantu Bayern memenangkan enam gelar Bundesliga dan empat DFB Pokal setelah didatangkan dari Real Madrid musim panas 2009 lalu. Ia juga sempat berjasa mencetak gol kemenangan Bayern di final Liga Champions saat menghadapi Borussia Dortmund di Wembley pada 2013, untuk pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir klub tersebut memperoleh gelar tersebut. Namun kontraknya akan berakhir di musim panas ini.

Dengan kontraknya sedang dalam tahap proses pembaharuan oleh Bayern, Robben yakin bahwa ia juga masih memiliki banyak tawaran dan tidak akan pensiun pada musim panas ini. Dan saat ditanya apakah dia bisa membayangkan melihat karirnya di Amerika Serikat, China atau Doha, ia mengatakan, “Itulah topik percakapan di meja dapur saya saat ini, saat berbicara dengan teman dan keluarga,”.

“Sekarang saatnya saya harus mengambil keputusan. Beberapa tahun yang lalu, itu biasanya itu relatif mudah tapi saya mendekati akhir karir saya sekarang dan saya harus banyak memikirkannya. Itu tidak mudah tapi juga menarik. Ada beberapa klub yang mau menerima tapi saya sudah mengesampingkan hal-hal tertentu di kepala saya – tapi tetap masih bersifat rahasia.”.

Ia menambahkan, “Saya masih merasa sangat bugar saat ini dan percaya bahwa saya masih bisa bermain selama satu atau dua tahun di tingkat tertinggi – itulah tujuan saya. Saya telah mencapai segalanya dalam karir saya yang saya tuju – dengan Liga Champions sebagai mahkota di puncak.”.

Arjen Robben Bayern Munich

Arjen Robben Bayern Munich

Hingga saat ini Robben telah mencetak 136 gol dari  279 pertandingan yang melibatkannya bersama Bayern disemua kompetisi selama hampir sembilan tahun. Sementara dimusim ini ia telah mencetak lima gol dal enam assist di berbagai kompetisi juga.

Sepertinya keputusan untuk tak pensiun di dunia sepak bola dan mengikuti jejak dari Bastian Schweinsteiger pindah ke MLS, adalah keputusan bijak terutama performanya yang tak seperti dulu lagi yang mungkin akan memperlambat timnya. Dan akan menarik apakah Bayern akan melepaskannya dimusim depan atau tetap memberikan kesempatan kepadanya satu atau dua musim lagi.