Berita Sepak BolaBola DuniaPiala Dunia

Southgate : Kroasia Menjadi Ujian Terberat Timnya

Gareth Southgate saat diresmikan menjadi pelatih timnas Senior Inggris 2016

Gareth Southgate telah memperingatkan kepada skuadnya bahwa semifinal Inggris vs Kroasia yang akan diadakan pada hari Kamis besok pukul 01.00 WIB, akan menjadi ujian terberat timnya di Piala Dunia 2018 sejauh ini. Meskipun demikian, ia berharap perjalanannya di semi final turnamen ini bukanlah yang terakhir kalinya, dan ia ingin membuktikan kemampuannya lebih jauh lagi.

Inggris vs Piala Dunia 2018

Walaupun di babak kualifikasi mereka tak seperkasa Belgia atau pun Jerman dalam hal menyerang, namun pertahanan yang kokoh mereka mampu membawa mereka lolos ke babak penyisihan grup. Walaupun mereka menelan kekalahan menghadapi Belgia di babak tersebut namun mereka tetap berhasil meraih tiket 16 besar karena telah mengalahkan Tunisia dan Panama.

Kolombia vs Inggris memperebutkan 16 besar di Piala Dunia 2018

Kolombia vs Inggris memperebutkan 16 besar di Piala Dunia 2018

Mereka pun terus melaju saat menghadapi Kolombia melalui adu penalti dan menaklukkan Swedia diperempat final. Dan kini mereka akan menghadapi Kroasia di semi final, yang merupakan pencapaian pertama mereka sejak 28 tahun terakhir.

Inggris vs Kroasia

Southgate selaku pelatih telah memahami juga kekuatan Kroasia hingga sampai saat ini, dan mengagumi bakat di skuad Kroasia seperti Luka Modric, Ivan Rakitic dan Mario Mandzukic. Ia mengatakan, “Mereka akan menjadi tim terbaik yang kami mainkan dalam hal apa yang mereka mampu lakukan dengan bola, dan apa yang bisa dilakukan oleh individu mereka, pasti. “.

“Bagi kami sebagai tim, ini adalah kesempatan lain untuk menciptakan sepotong kecil sejarah. Kami harus terus mengatasi rintangan-rintangan itu dan saya tahu kami berbicara tentang keberhasilan tim-tim yang lebih muda, tetapi ini adalah tingkat yang jauh lebih sulit, jauh lebih besar bagi para pemain dan keyakinan berkembang saat hal-hal terjadi.”.

“Semakin banyak tes ini yang bisa kita lalui, semakin baik, tidak hanya untuk saat ini, tetapi bergerak maju.”.

Southgate vs Piala Dunia 2018

Gareth Southgate saat diresmikan menjadi pelatih timnas Senior Inggris 2016

Gareth Southgate saat diresmikan menjadi pelatih timnas Senior Inggris 2016

 

Banyak pihak sebelumnya sangsi dengan kemampuannya memimpin Inggris di Piala Dunia 2018 ini. Pelatih yang dipromosikan ke tim senior itu ditunjuk pada tanggal 27 September 2018, untuk menggantikan Sam Allardyce yang dipecat saat ia membawa Inggris di tahap kualifikasi Piala Dunia 2018. Walau ia pernah melatih Middlesbourg selama tiga tahun, dan timnas Inggris U-21, namun ia belum pernah mendapatkan piala satu pun saat mengasuh timnya.

Namun kini sepertinya keraguan tersebut hilang berganti pujian untuk Gareth Southgate dan skuadnya. Ia hanya perlu dua langkah lagi sebelum akhirnya mereka memberikan kejayaan untuk negaranya dan memulihkan harga diri Inggris di kompetisi Sepak bola.