Liga Italia

Skandal Pengaturan Skor, Parma Disanksi Lima Poin

skandal pengaturan skor parma fc 2018

skandal pengaturan skor parma fc 2018Salah satu klub Serie A Italia, Parma, bisa bernafas lega karena tidak jadi turun kasta ke Serie B musim 2018/19. Akan tetapi Parma harus menerima sanksi memulai kompetisi baru Serie A dengan situasi minus lima angka.

Federasi Sepakbola Italia atau FIGC memberikan sanksi yang cukup berat karena Parma tersandung skandal dugaan pengaturan skor. Kasus itu terjadi pada laga pamungkas Parma di Serie B musim lalu kontra Spezia.

Dalam pertandingan itu pemain Parma, Emanuele Calaio, yang pernah berseragam Spezia, mengirim sebuah sms kepada dua pemain Spezia. Pesan itu berbunyi supaya Spezia tak memberikan perlawanan ketika menghadapi Parma.

Dua pemain yang dikirimi pesan oleh Calaio adalah Filippo De Col dan Claudio Terzi. Entah dua pemain itu mengiyakan godaan Calaio atau tidak, pada pertandingan itu Parma menang cukup telak dua gol tanpa balas

Tatkala kasus pengaturan skor ini muncul ke permukaan, Parma sempat diberitakan berada dalam situasi pelik. Tiket untuk naik kasta ke Serie A yang mereka dapatkan pun terancam hilang. Pasalnya sempat ada wacana FIGC bakal mengirimkan kembali Parma ke Divisi Kedua Italia.

Namun ternyata FIGC memberi sanksi berbeda. Parma tetap berkompetisi Di Serie A musim ini, cuma tim berjuluk Il Ducali bakal mengawali kompetisi dengan minus lima poin.

Parma sendiri tak hanya pasrah ketika masalah ini datang. Bekas klub Fabio Cannavaro itu juga membuat pembelaan. Parma membenarkan bila Calaio memang mengirimkan pesan pada dua rekannya, namun bukan bermaksud untuk mengatur skor.

Sebagai pemain yang pernah bekerja sama dalam satu tim, Parma menyatakan bila pesan yang dikirimkan oleh Calaio cuma candaan biasa.