Liga ItaliaSerba Serbi

Selamat, Gol Salto Ronaldo Jadi Gol Terbaik UEFA

Gol Terbaik UEFA 2018

Gol Terbaik UEFA 2018

Bintang kelas dunia Cristiano Ronaldo kembali membuktikan dirinya sebagai pemain yang patut di contoh oleh kalangan pemain muda. Berpredikat sebagai salah satu pemain terbaik tak lantas menghentikan sepak terjang Ronaldo dalam memburu gelar individu.

Untuk kesekian kalinya, Ronaldo kembali mendapat penghargaan atas nama pribadinya. Kali ini mantan pemain Manchester United, dan Real Madrid tersebut berhasil menyabet gelar pencetak gol terbaik versi UEFA di musim 2017-2018.

Gol yang dinobatkan menjadi gol terbaik adalah gol salto Ronaldo ke gawang Juventus, yang sekarang ini merupakan klub yang dibelanya pada laga semi final Liga Champions musim kemarin. Adapun pada saat itu, Ronaldo masih berseragam Real Madrid, dan berjumpa Juventus di Allianz Stadium.

Dalam laga yang berjalan sengit tersebut, Ronaldo tak disangka mampu mencetak gol indah melalui sepakan salto ke gawang Gianlugi Buffon usai menerima umpan Dani Carvajal dari sisi kanan. Beruntung bagi Madrid, mereka berhasil menuntaskan laga dengan skor telak 3-0.

Menariknya disini, ketika fans Juventus malah memberikan standing ovation untuk Ronaldo meski tim kebanggaanya harus menelan kekalahan. Di akhir kompetisi pun, Ronaldo kembali berhasil mengantarkan EL Real meraih gelar Liga Champions usai di partai final mereka mampu mengalahkan Liverpool.

Merujuk pada proses pemilihan gol terbaik, awalnya UEFA menyaring dari 11 gol terbaik yang masuk dalam nominasi. Dari jumlah tersebut, mereka menyusutkan menjadi tiga besar saja. Dan salah satunya adalah gol Ronaldo ke gawang Juventus.

Sedangkan dua gol lainnya berasal dari gol yang dicetak oleh Dimitri Payet di Liga Europa dan gol dari Eva Navarro di Women’s U-17 EURO 2018. Melalui situs resmi UEFA, gol Ronaldo mendapat suara terbanyak melalui voting.

Suara atas nama Ronaldo terkumpul sampai 200.00 pemilih dari 346,915 dari total pemilih yang ambil bagian. Penghargaan ini sendiri termasuk baru, pasalnya gol terbaik versi UEFA baru terbentuk pada tahun 2015 yang lalu.

Di musim tersebut, nama Lionel Messi adalah yang paling terdepan. Kapten Barcelona ini mampu meraih gol terbaik sebanyak dua kali. Berikut dibawah ini adalah daftar lengkap peraih gol terbaik versi UEFA:

Ronaldo Terbaik UEFA

2018: [03/04/18] Cristiano Ronaldo: [Real Madrid vs Juventus]
2017: [03/06/17] Mario Mandzukic: [Juventus vs Real Madrid]
2016: [24/11/16] Lionel Messi: [Barcelona vs Roma]
2015: [06/05/15] Lionel Messi: [Barcelona vs Bayern]