Advertisement
Berita Sepak Bola

Sejarah Datang Dari Milan Galic Sebagai Pencetak Gol Pertama Euro

Publik Dunia sedang bersiap-siap menantikan turnamen terbesar benua Eropa yang berwujud dalam Piala Euro 2016 Prancis pada bulan Juni Hingga Juli mendatang. Turnamen ini sendiri tercatat sudah 15 kali gelar, dimana nama dari Euro sendiri sebelumnya adalah European Nation Championship yang pada saat itu sama-sama digelar di Prancis hanya saja pada saat itu tahun 1960 lalu.

Sejarah Datang Dari Milan Galic Sebagai Pencetak Gol Pertama Euro

Selama pargelaran itu berlangsung dan sudah 60 tahun lamanya, jelas direkam dalam ingatan kita bahwa disana pastinya sudah menghasilkan beberapa rekor dan kenangan indah terjadi dalam ajang empat tahunan itu. Sebagai satu contoh datang dari momen bagaimana gol-gol indah tercipta disana.

Sebagian orang pastinya sudah biasa mendengar dan melihat dari gol-gol yang tercipta di pargelaran Euro macam gol yang dibuat oleh Marco Van Basten, tendangan yang disebut Panenkan dari kaki Andrea Pirlo dan masih banyak lagi gol-gol yang tercipta. Akan tetapi disini kita akan memberikan informasi tentang hal lain terkait siapakan sosok pemain yang berhasil mencatatkan sejarah dalam turnamen terbesar benua Eropa tersebut.

milan galic pencetak gol pertama Euro

Kita akan bahas tentang gol pertama yang terjadi pada Euro dan pemain yang berhasil mencatatkan sejarah tersebut adalah Milan Galic pemain asal Yugoslavias. Sebagai kilas balik awal mula berdirinya Piala Euro terjadi pada tahun 1960, ketika itu peserta hanya ada empat negara saja yakni Prancis, Yugoslavia, Uni Soviet dan Cekoslavakia. Dimana pada tahun tersebut Galic merupakan pemain dari timnas Yugoslavia.

Galic mencatatkan sejarah dalam karir sepakbolanya, ketika bermain dalam partai pertama melawan Prancis. Memasuki menit 11 babak pertama, Galic sukses membuat gol untuk keunggulan Yugoslavia sekaligus mencatatkan sejarah sebagai pemain yang berhasil membuat gol pertama di Euro. Bukan itu saja, gol Galic juga dinobatkan sebagai gol tercepat di ajang Euro 1960 usai beberapa pemain lain tidak bisa melakukan hal tersebut dibawah menit 11.