Berita Sepak BolaBola DuniaSerba Serbi

Salah Berhasil Masuk Nominasi FIFA Puskas Award 2018

Mohamed Salah melewati dua pemain Everton di Premier League 2017-18 dan berhasil mencetak gol

Mohamed Salah berhasil masuk nominasi FIFA Puskas Award 2018 setelah diumumkan oleh FIFA pada awal pekan lalu. Memang Ia belum berhasil memenangkannya namun ini merupakan pertama kalinya di sepanjang karirnya. Namun siapa sajakah yang menjadi lawan pemain sayap Liveropool yang baru di rekrut tahun lalu, saat ini?

FIFA Puskas Award

FIFA Puskás Awards merupakan penghargaan yang diselenggarakan pada 20 Oktober 2009 lalu oleh FIFA, atas instruksi oleh presiden FIFA, Sepp Blatter. Hal ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada pemain, pria atau wanita, yang dinilai memiliki mencetak gol paling estetis, atau “paling cantik”, tahun ini, tidak hanya dari Eropa melainkan dari seluruh dunia.

Penghargaan ini dibuat untuk menghormati Ferenc Puskás, striker Real Madrid di akhir 1950-an hingga 1960-an, sekaligus pemain Hungaria yang sangat sukses di era yang sama. Ia dianggap secara luas oleh banyak orang untuk menjadi pesepakbola Eropa yang paling kuat dan produktif, di divisi sepak bola pertama. Selain itu ia juga mencetak rekor dunia dimana ia menghasilkan 84 gol dalam 85 pertandingan internasional. Dia adalah salah satu pencetak gol terbanyak di abad ke-20 dengan 512 gol dalam 528 pertandingan.

Pemanang FIFA Puskas Award

Olivier Giroud melakukan scorpion kick saat menghadapi Crystal Palace di Premier League 2018-19 dan berhasil memenangkan Puskas Award 2017

Olivier Giroud melakukan scorpion kick saat menghadapi Crystal Palace di Premier League 2018-19 dan berhasil memenangkan Puskas Award 2017

Hingga saat ini sudah ada sembilan pemenang sejak penghargaan ini diadakan Dan secara berurutan sejak 2009, pemenangnya adalah Cristiano Ronaldo, Hamit Altıntop, Neymar, Miroslav Stoch, Zlatan Ibrahimovic, James Rodriguez, Wendell Lira, Mohd Faiz Subri, dan Olivier Giroud.

Dengan demikian, tak ada pemain dari negara yang memenangkan lebih dari satu kecuali Brazil dimana Neymar dan Wendell Lira melakukannya pada tahun 2011 dan 2015. Sementara hingga saat ini pemain yang paling banyak masuk nominasi adalah Lionel Messi dan Neymar namun karena Messi masuk dalam nominasi tahun ini, maka Messi-lah yang memecahkan rekor di kategori ini.

Mohamed Salah dan FIFA Puskas Award

Mohamed Salah melewati dua pemain Everton di Premier League 2017-18 dan berhasil mencetak gol

Mohamed Salah melewati dua pemain Everton di Premier League 2017-18 dan berhasil mencetak gol

Salah satu pendatang baru yang masuk dalam nominasi ini adalah Mo Salah. Pemain ini masuk nominasi saat ia mencetak gol menghadapi Everton di Premier League musim lalu, pada tanggal 10 Desember 2017. Saat itu finalis Liga Champions yang kalah, mampu menyelesaikan serangannya dalam derbi Merseyside, di mana dia mengalahkan dua pemain lawan (Cuco Martina dan Idrissa Gueye) sebelum menyarangkan bola ke pojok kiri atas dari sisi kanan gawang.

Nominasi FIFA Puskas Award 2018

Meskipun demikian, Salah belum tentu memenangkan kompetisi kali ini, karena ia masih memiliki sembilan pemain lagi yang harus ia kalahkan, walaupun melalui pooling. Mereka itu adalah Denis Cheryshev (saat pemain Rusia itu menghadapi Kroasia), Benjamin Pavard (saat pemain Prancis menghadapi Argentina) dan Ricardo Quaresma (saat Portugal menghadapi Iran) yang ketiganya beraksi di panggung Piala Dunia.

Ada lagi Lazaros Christodoulopoulos (saat pemain Olympiacos menghadapi AEK Athens di Supserleague Greece), Giorgian De Arrascaeta (saat pemain Cruzeiro menghadapi América Mineiro di Campeonato Mineiro, dan Riley McGree ( saat pemain Melbourne City menghadapi Newcastle Jets di A League, Australia).

Namun jika menurut Anda saingannya adalah pemain yang kurang terkenal, maka Salah juga akan berhadapan dengan Gareth Bale (saat Real Madrid menghadapi Liverpool di final Liga Champions), Cristiano Ronaldo (saat Real Madrid menghadapi Juventus di Liga Champions) dan Liontel Messi (saat Argentina menghadapi Nigeria di Piala Dunia 2018 kemarin).

10 nominasi Puskas Award 2018

10 nominasi FIFA Puskas Award 2018

Walaupun sulit, apapun bisa terjadi di sepak bola, apalagi hal ini menyangkut pooling. Dan bagi anda yang ingin mendukung salah satu dari mereka, Anda juga bisa melakukan voting melalui https://www.fifa.com/the-best-fifa-football-awards/puskas-award/. Tentunya setelah mendaftar lebih dulu yang caranya juga mudah. Disini juga terlihat mengapa mereka masuk dalam nominasi ini, termasuk tendangan bicycle dari Gareth Bale dan Cristaiano Ronaldo, bahkan tendangan kalajengking dari Riley McGree.

Pemenang akan ditentukan oleh polling penggemar, dan akan diumumkan pada seremoni di London pada tanggal 24 September mendatang. Mungkinkah Mohamed Salah yang berhasil masuk nominasi FIFA Puskas Award 2018 akan berujung pada piala itu? Ataukah ia harus menunggu tahun berikutnya? Jangan lupa simak pengumuman pemenangnya disini ya.