Advertisement
Berita Sepak Bola Piala Dunia

Ryan Giggs Jadi Pelatih Terbaru Timnas Wales

Mantan pemain dari Manchester United yakni Ryan Giggs dipilih sebagai pelatih Timnas Wales dan mendapat kontrak selama empat tahun ke depan.

Pihak Asosiasi Sepakbola Wales sendiri merilis pernyataan resmi dengan terpilihnya Ryan Giggs sebagai pelatih timnas Wales tahun ini dalam sebuah konferensi pers yang dilaksanakan di Cardiff, pada Senin (15/1) waktu setempat. Salah satu andalan Old Trafford itu akan menjalani profesi barunya.

Jika tidak ada hambatan, Giggs yang merupakan pengganti Chris Coleman akan pergi ke Sunderland di November nanti. Dengan wawancara yang dia lakukan, pihak FAW juga melakukan wawancara dengan Craig Bellamy, Osian Roberts dan Mark Bowen.

Hal yang dilakukan tersebut untuk mencari pelatih anyar timnas dan dipimpin langsung kepala eksekutif FAW, yakni Jonathan Ford. Walau begitu, diyakini pilihan mengarah pada kesepakatannya bersama Giggs pada minggu ini.

Keputusan panel untuk merekrut pelatih anyar tidak harus mendapatkan persetujuan dari pihak dewan pengurus asosiasi, pasalnya mereka memiliki wewenang dalam menentukan penggantinya. Terlebih, Giggs sudah lama diincar FAW, dan menjadi salah satu favorit yang akan menggantikan Chris Coleman yang memilih mundur setelah Wales gagal menuju Piala Dunia 2018.

Giggs sendiri sudah menang dalam 64 caps dengan Timnas Wales di tahun 1991 sampai 2007 yang lalu, dan merupakan kapten untuk timnas negaranya. Akan tetapi, dia mendapat kritikan karena dia pernah menarik diri dari timnas, khususnya saat mendapat kegagalan di laga ujicoba.

Giggs pernah menjabat sebagai pelatih sementara di Setan Merah dalam empat laga di penghujung musim 2013/14 setelah David Moyes diberhentikan. Dia lalu menyudahi dua musim selanjutnya sebagai asisten Louis van Gaal, akan tetapi pergi setelah Jose Mourinho menjadi pelatih di Old Trafford.

Ryan Giggs sendiri tak berhasil dalam pencarian pelatih Swansea City dikalahkan manajer dari Amerika Serikat, yakni Bob Bradley, setelah ia melakukan wawancara di Stadion Liberty pada Oktober 2016.