Advertisement
Berita Sepak Bola Bola Dunia

Ronaldinho Gantung Sepatu

Ronaldinho putuskan untuk sudahi masa depannya sebagai pemain sepakbola profesional. Bekas bintang tim nasional Brasil tersebut rencananya bakal melangsungkan beberap pertandingan perpisahan pada tahun ini.

Ronaldinho, 37 tahun, telah lama tidak miliki klub. Terakhir kali ia tampil di pertandingan kompetitif ialah saat bermain bersama Fluminense pada bulan September 2015.

Kakak yang juga agen Ronaldinho, Roberto Assis, memberi konfirmasi kalau adiknya sudah putuskan untuk pensiun. Roberto juga katakan kalau bakal ada beberapa event untuk tandkan perpisahan Ronaldinho.

“Ia telah berhenti dari sepakbola. Ini telah berakhir,” ucap Roberto.

“Saat ini ayo lakukan sesuatu yang menyenangkan (perpisahan Ronaldinho), sebesar yang semestinya, usai Piala Dunia di Rusia, mungkin pada bulan Agustus,” imbuh dia.

“Kami bakal bikin event di sekeliling Brasil, Eropa, dan Asia. Tentu saja, kami pun bakal lakukan sesuatu dengan tim nasional Brasil. Nike (sponsor Ronaldinho) bakal bersama kami dalam proyek ini. Saat ini masih belum ada detail,” kata Roberto.

Ronaldinho awali masa depannya di Gremio sebelum hijrah ke Eropa untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain pada tahun 2001. Ia sampai pada puncak kejayaan saat bermain bersama Barcelona pada tahun 2003-2008. Bersama Barca, Ronaldinho menangkan 2 gelar La Liga dan 1 trofi Liga Champions.

Ronaldinho lalu pindah ke AC Milan dan ikut raih scudetto pada musim 2010/2011. Kemudian, ia bermain bersama Flamengo, Atletico Miniero, dan pernah tampil di Meksiko bersama Queretaro sebelum bergabung dengan Fluminense.

Pada tingkat internasional, Ronaldinho tampil 97 kali bersama tim nasional Brasil dan ciptakan 33 angka. Ia berperan besar dalam keberhasilan negaranya menjadi juara di Piala Dunia 2002.

Ronaldinho dipilih menjadi Pemain Terbaik Dunia FIFA pada 2004 dan 2005 serta meraih Ballon d’Or pada tahun 2005.