Advertisement
Berita Sepak Bola Gosip

Roberto Martinez Masuk Kandidat Pelatih Belgia

Belgia menjadi salah satu tim yang pernah berada di peringkat atas FIFA, tim nasional sepakbola dengan generasi emas yang mereka punya menuai banyak harapan dari berbagai publik di dunia. Namun sayang, banyaknya bakat hebat di Belgia sejauh ini belum bisa dikonversi menjadi prestasi di level Internasional.

Roberto Martinez Masuk Kandidat Pelatih Belgia

Meski sempat menjadi yang terbaik di level rangking FIFA, namun perjalanan mereka terbilang cukup buruk. Terbukti di ajang Piala Dunia 2014 dan Euro 2016 kemarin sudah membuktikan bahwa Belgia memiliki kekurangan yang belum bisa diketahui. Bahkan di babak perempat final Euro, mereka harus tumbang dari Wales yang notabene nya masih dibawah rata-rata Belgia.

Lantas pihak dari Federasi Sepakbola Belgia (KBVB) memutuskan untuk memecat Marc Wilmots dari kursi kepelatihan tim setelah Belgia gagal mewujudkan target mereka di Euro. Dan hingga saat ini mereka masih mencari sosok pengganti dari Wilmots.

Seiring berjalan nya waktu, datang sebuah nama dari pelatih berpengalaman yang biasa mengarsiteki tim-tim Inggris. Dia adalah Roberto Martinez. Dalam rekam jejaknya, pria asal Catalan itu pernah menangani Swansea City, Wigan Athletic dan yang terakhir adalah Everton.

Memasukan nama Martinez sebagai calon kuat pelatih Ede Hazard dan kawan-kawan telah banyak menuai kejutan. Selain karena Martinez tidak terlalu mengenal sepakbola Belgia, dia juga dianggap kalah pengalaman dibanding Rudi Garcia yang sebelumnya dianggap favorit pengganti Wilmots.

Kini dua nama itu menjadi pembicaraan hangat bagi publik Belgia, namun untuk sementara ini. Nama Martinez lebih berpeluang untuk membawa Belgia berlaga di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia. Mengingat sang pelatih paham betul dengan karakter dari rata-rata pemain Belgia yang berlaga di Liga Primer Inggris, sebut saja ada nama Eden Hazard, Maraoune Fellaini, Romelu Lukaku, Vincent Kompany dan Kevin de Bruyn.