Advertisement
Liga Spanyol

Rahasia Keberhasilan Tendangan Maut Messi Ke Gawang Atletico

Tendangan MessiGol tunggal Lionel Messi melalui eksekusi tendangan bebas tampil sebagai pahlawan kemenangan Barcelona atas Atletico Madrid di Camp Nou, pada Minggu (4 Maret 2018) silam. Ada sebuah rahasia di balik ‘tendangan maut’nya itu.

Lionel Messi tampil sebagai bintang lapangan Los Cules, yang kerepotan menghadapi pertahanan rapat yang disuguhkan oleh Atletico Madrid. Tendangan kaki kirinya melengkung dengan sempurna melewati pagar pemain dan bersarang di pojok kanan atas gawang.

Penjaga gawang Atletico Madrid, Jan Oblak, sebenarnya sudah mencoba menghalai tendangannya. Sedikit terlambat sepersekian detik, tangannya hanya menyentuh bola dan tidak sanggup menghentikan laju si kulit bundar.

Menariknya, ternyata ada faktor lain yang membantu terciptanya gol Messi. Dalam beberapa gambar yang berhasul tentangkap kamera di Camp Nou, ada pagar pemain yang sengaja dibuat oleh tiga Barcelona untuk menghalangi pandangan Oblak yang membuat kiper asal Slovenia tersebut terlambat beraksi.

Sergio Busquets, Ivan Rakitic, serta Gerard Pique tampak jelas sengaja berdiri membentuk pagar sendiri dan berada tepat di depan Oblak. Trik yang biasa dipraktikkan oleh para pemain Los Cules dalam sesi latihan.

Pagar buatan pemain Barcelona ini membuat Jan Oblak baru bisa melihat arah bola ketika bola melewati pagar Atletico Madrid. Keterlambatan respon dari Oblak yang berujung gol tunggal di pertandingan tersebut.

Sementara itu, delapan kemenangan berturut-turut , yang diraih Atletico Madrid akhirnya terhenti Camp Nou. Penyerang Atletico Antoine Griezmann pun harus menunggu lebih lama lagi jika ingin mencetak gol pertamanya di stadion berkapasitas hampir 100 ribu kursi itu.

Selain itu, kemenangan ini membuat Barcelona melebarkan diri dengan Atletico Madrid di papan klasemen sementara La Liga Spanyol.