Berita Sepak BolaBola DuniaPiala Dunia

Prancis Akhirnya Memenangkan Gelar Keduanya Di Piala Dunia

Prancis memenangkan di final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2

Piala Dunia 2018 telah berakhir secara menegangkan dimana, Prancis akhirnya memenangkan turnamen ini setelah setelah dua dekade mereka gagal melakukannya. Namun ada beberapa catatan penting yang bisa diambil dari laga ini terutama untuk Prancis dan inilah dia.

Prancis memenangkan di final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2

Prancis memenangkan di final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2

Prancis vs Piala Dunia 2018

  1. Prancis berhasil meninggalkan Inggris dan Spanyol, untuk bergabung bersama Argentina dan Uruguay, mengoleksi dua piala di turnamen ini.
  2. Prancis memenangkan gelar juara kedua di Piala Dunia 2018 ini, setelah mengalahkan Kroasia sementara saat meraih gelar pertama di Piala Dunia 1998, mereka mengalahkan Brasil.
  3. Didier Deschamps telah mencicipi gelar Juara Piala Dunia dua kali, dalam peran yang berbeda, sebagai pemain di tahun 1998 dan sebagai pelatih di tahun 2008.
  4. Terlepas dari babak penyisihan grup, Prancis berhasil menaklukkan Argentina, Uruguay dan Belgia dimana ketiga negara tersebut memiliki banyak pemain bintang yang bermain di klub papan atas Eropa.

Prancis vs Final Piala Dunia 2018

Antoine Griezmann mencetak gol dari titik penalti saat menghadapi Kroasia di final Piala Dunia 2018

Antoine Griezmann mencetak gol dari titik penalti saat menghadapi Kroasia di final Piala Dunia 2018

  1. Prancis mengalahkan Kroasia, dengan skor 4-2, padahal saat itu Kroasia mendominasi kepemilikan dan menciptakan peluang, dikedua babaknya.
  2. Dua gol pertama Prancis, datang karena kecerobohan pemain Kroasia. Di menit 18, Mario Mandzukic mencetak gol bunuh diri saat mencoba membuang bola dari tendangan bebas yang di eksekusi Griezmann. Sementara gol kedua mereka dapatkan setelah Ivan Perisic menyentuh bola di dalam kotak penalti dan dieksekusi baik oleh Griezmann.
  3. Hugo Lloris juga sempat melakukan kecerobohan di menit ke 68, saat ia dihadang oleh Mandzukic satu lawan satu di dalam kotak penalti. Namun ia berhasil mempertahankan hingga babak kedua berahir.
  4. Seperti biasa, selepas dari pertandingan babak penyisihan, Kroasia selalu kebobolan sebuah gol lebih dulu di tiga pertandingan sebelumnya dan kemudian mengimbanginya. Mereka selalu memaksa lawannya memainkan perpanjangan waktu bahkan dua diantaranya harus diselesaikan dengan adu penalti. Namun kali ini, Prancis berhasil mengalahkan mereka tanpa babak tambahan.
  5. Semenjak babak penyisihan grup, Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe berhasil mencetak masing-masing empat gol. Griezmann mencetak gol saat menghadapi Australia, Argentina, Uruguay dan Kroasia, sementara Mbappe mencetak gol saat menghadapi Peru, Argentina (dua kali) dan Kroasia.
  6. Griezmann menambahkan catatan apiknya, dengan menyumbangkan dua assist setelah memainkan babak penyisihan grup. Ia mendapatkan Bronze Ball (peringkat ketiga yang meraih penghargaan Golden ball) setelah Luka Modric dan Eden Hazard.
  7. Mbappe meraih penghargaan sebagai FIFA Young Player Awards. Hanya dirinya dan Pele yang mencetak gol di final Piala Dunia sebagai remaja.

Demikianlah sebelas fakta yang menarik yang bisa diambil dari kemenangan Prancis saat menghadapi Kroasia di final Piala Dunia 2018 ini. Mungkinkah mereka bisa kembali memukau empat tahun kemudian dan mengklaim gelar juara untuk ketiga kalinya? Atau harus merelakan kepada timnas lainnya? Namun saat ini mereka akan menikmati kejayaan ini dalam waktu lama.