Bursa PemainLiga Inggris

Petr Cech Resmi Gantung Sepatu Musim Depan

Profil Petr Cech

Profil Petr Cech

Arsenal akan merasakan kehilangan yang cukup mendalam usai sebuah keputusan terdengar dari sosok Petr Cech yang menyatakan akan gantung sepatu di akhir musim 2018-2019. Di usia yang menginjak 36 tahun, kontrak Cech di Arsenal akan berakhir pada bulan Juni 2019 mendatang.

Untuk saat ini, Cech masih terdaftar sebagai penjaga gawang cadangan di bawah asuhan Unai Emery. Bisa dilihat bahwa awal musim kemarin, Cech sejatinya masih menjadi penjaga gawang inti, sebelum akhirnya mengalami penurunan performa akibat cedera.

Cedera datang pada bulan Oktober 2018 kemarin, setelah dinyatakan sembuh, Cech harus menerima posisi kiper utama Arsenal di ambil alih oleh Bernd Leno. Situasi ini memaksa Cech untuk mengambil keputusan, dan melalui akun twitter pribadinya, @PetrCech menyatakan pensiun.

Keputusan Cech gantung sepatu bukan tanpa alasan, menurutnya apa yang sudah dia kerjakan di dunia sepak bola dirasa sudah cukup. Selama dua dekade berkarir, Cech merasa sudah mendapatkan segalanya. Terlepas dari keputusan itu, Cech tetap memastikan akan berusaha membantu Arsenal meraih title juara Premier League musim ini.

“Sekarang sudah 20 tahun saya berkarir di dalam dunia sepak bola profesional, jadi ini terasa merupakan waktu yang tepat untuk mengumumkan bahwa saya akan pensiun di akhir musim ini. Usai berkarir selama 15 tahun di Premier League, dan meraih banyak gelar yang ada, saya merasa saya telah meraih segalanya yang ingin saya raih.” tulis Cech.

“Saya akan tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk Arsenal, dan semoga saja saya bisa meraih satu trofi lagi musim ini, kemudian saya akan sangat menantikan untuk melihat apa yang ditawarkan oleh hidup ini di luar lapangan.” tutup Cech.

Cech merupakan salah satu kiper terbaik dunia, dengan tinggi 1.96 meter, dia mampu mengawal gawangnya dengan sangat baik, dan sukses melalukan banyak cleen sheet. Merujuk pada perjalanan karirnya, maka Cech diketahui mengawali karir profesionalnya sejak tahun 1999 bersama Chmel Blsany.

Profil Petr Cech

Menjalani dua musim disana, Cech mencoba mengembangkan bakatnya dengan hijrah Sparta Praha pada musim 2001. Satu tahun menjalani, Cech pindah lagi ke Rennes. Dua musim di sana, Cech mendapat tawaran besar dari Chelsea. Dan benar saja, kepindahannya itu membawa berkah tersendiri, dan bisa dibilang Cech mendapatkan banyak gelar dalam era kepelatihan Jose Mourinho.

Sukses meraih banyak gelar di Chelsea, Cech harus merasakan revolusi dengan Chelsea kedatangan Thibaut Courtois pada musim 2015, dan terpaksa meninggalkan Stamford Bridge. Banyak tepisan bahwa Cech akan pergi dari Inggris, ternyata dia memilih untuk hijrah ke klub rival sekota London, Arsenal.

Di lain sisi, karirnya di level internasional juga tak kalah baik. Cech mengawali permainannya pada tahun 2002. Dan memutuskan pensiun pada tahun 2016 dengan meninggalkan catatan 124 caps.