Advertisement
Berita Sepak Bola

Perebutan Tiket Play-Off Kualifikasi Euro 2016 di Grup B

Perebutan Tiket Play-Off Kualifikasi Euro 2016 di Grup B
Perebutan Tiket Play-Off Kualifikasi Euro 2016 di Grup B

Bosnia-Herzegovina menjadi salah satu kuda hitam di kawasan Eropa. Meskipun masih berjuang untuk memastikan langkah menuju Euro 2016, Bosnia dianggap sebagai tim yang mampu memberi kejutan jika lolos ke Perancis. Harapan Bosnia kini tinggal tiket lewat babak play-off. Edin Dzeko dkk. harus bisa mengamankan peringkat ketiga grup B untuk mendapatkan kesempatan berlaga di babak play off.

Kesempatan untuk meraih tiket play-off pun terbuka sangat lebar, setelah anak asuhan Mehmed Bazdarevic mengalahkan Wales dengan skor 2-0. Kemenangan tersebut membuat Bosnia-Herzegovina naik satu peringkat ke posisi ketiga menggeser saingan terdekatnya, Israel, yang di hari yang sama harus takluk dari Siprus dengan skor 2-1.

Partai hidup mati akan terjadi di laga terakhir grup B yang akan sangat mempengaruhi posisi akhir Bosnia, Israel dan Siprus. Di atas kertas, Israel sangat sulit untuk meraih kemenangan karena harus berhadapan dengan pimpinan klasemen grup B, Belgia.
Meskipun sudah dipastikan lolos ke Perancis, Belgia tak akan mau main setengah-setengah. Eden Hazzard dipastikan akan all-out di pertandingan terakhir tersebut, apalagi pertandingan tersebut dilangsungkan di hadapan pendukungnya sendiri.Sementara itu, partai hidup mati akan terjadi ketika Siprus menjamu Bosnia-Herzegovina.

Siprus yang sebelumnya tidak diunggulkan ternyata mampu memberikan kejutan. Tim yang biasa dijadikan lumbung gol oleh Negara lain ini kini menjelma menjadi tim yang cukup diperhitungkan.
Bosnia unggul tipis atas Siprus di klasemen grup B kualifikasi Euro 2016. Bosnia telah mengkoleksi 14 poin, sementara Siprus telah menorehkan 12 poin. Jika bisa menang, Siprus bisa dipastikan menggeser Bosnia di urutan ketiga. Itu pun dengan asumsi Israel tidak bisa menang melawan Belgia.
Sementara itu, untuk menjadi peringkat ketiga, Bosnia diwajibkan untuk menang di kandang Siprus.

Bosnia masih bisa lolos jika hanya menuai hasil seri, jika di saat yang bersamaan Israel tidak bisa menang melawan Belgia. Yang pasti, kemenangan Israel atas Belgia tak aka nada artinya jika Bosnia mampu menjungkalkan Siprus.
Perebutan tiket play-off Euro 2016 di grup B memang sangat seru. Kejutan yang dihadirkan Israel dan Siprus membuat peta persaingan di grup tersebut sangat merata. Pertandingan terakhir akan menjadi penentuan siapa yang berhak mendapat tiket play-off menuju Euro 2016 Perancis.