Advertisement
Berita Sepak Bola Serba Serbi

Para Pesepakbola Dunia Yang Memiliki Klub Sepakbola Sendiri

Menjadi pemain bukan hanya berkarir di lapangan. Nyatanya, banyak pesepakbola dunia yang saat ini memiliki ladang usaha di luar lapangan namun tetap berhubungan dengan sepakbola. Mereka saat ini mempunyai klub sepakbola sendiri.

Para pesepakbola dunia yang kini tercatat mempunyai klub sepakbola sendiri yakni Juan Mata, Michu, dan Santi Cazorla. Ketiganya ternyata membeli saham demi menopang klub kecilnya, yaitu Real Oviedo. Namun, saat ini pemain dan keterlibatan dengan saham klub sudah biasa. Salah satu yang terbilang sukses adalah Dave Whelan dengan Wigan Athletic.

Berikut pesepakbola yang ternyata memiliki klub sendiri.

  1. David Beckham dan Miami MLS

Hengkang ke Amerika Serikat 2017 silam, David Beckham menjadi buah bibir. Pasalnya, uang menjadi alasanya. Namun, yang sebenarnya terjadi adalah kesepakatan bahwa Beckham mendapat kesepakatan mendapatkan sebuah tim di luar New York dengan nilai 25 juta dolar AS.

Dia akhirnya memiliki tim Miami MLS yang kini bersiap menjadi bagian dari Major League Soccer. Saat ini, dengan investasi dari berbagai pihak, tim milik Beckham akan mulai bersinar dalam dua tahun mendatang. Beckham menjadi salah satu pemain yang mengawali tren seorang pemain dapat membeli klub sepak bola.

  1. Didier Drogba dan Phoenix Rising

Didier Drogba mungkin menjadi pemain pertama yang memiliki klub sekaligus pemain di Phoenix Rising. Dia mengungkapkan hal tersebut di tahun ini.

” Menjadi pemilik dan pemain klub sendiri adalah hal yang mengesankan. Ini merupakan perubahan yang begitu unik karena saya masih ingin berlaga hingga 40 tahun sekaligus bersiap dengan karir mendatang setelah berhenti bermain, ” papar Drogba.

Timnya sendiri berlaga di United Soccer League, divisi kedua Afrika. Drogba dengan pemilik saham lainnya ingin menjadikan Phoenix masuk ke MLS.

  1. Bagian Tim 1992 Man United dan Salford City

Bagian Manchester United Class of 92 ternyata mempunyai klub, Salford City yang bermain di bawah liga Inggris dari tahun 2014 lalu. Para pemiliknya, yakni Ryan Giggs, Paul Scholes, Neville, Gary hingga Phil Neville menjadi pengendali klub non-liga itu.

Klub itu ada di divisi delapan liga di Inggris ketika para legenda Manchester United memimpinnya. Saat ini, tim muda Salford sudah ada dan dipastikan akan berkembang dengan baik.

  1. Paolo Maldini dan Miami FC

Legenda dan salah satu pesepakbola dunia dari AC Milan yakni Paolo Maldini mempunyai tim di Miami. Dia sudah bekerja sama dengan pengusaha hak cipta TV, Riccardo Silva dalam membentuk Miami FC di Liga Sepakbola Amerika Utara, kompetisi kedua di Amerika Serikat.

Maldini juga memiliki rekannya dulu, Alessandro Nesta sebagai pelatih. Kini, Miami FC berhasil sebagai pemenang musim semi NASL.

  1. Konsorsium Demba Ba dan San Diego NASL

Paling anyar adalah Demba Ba dan Eden Hazard, Yohan Cabaye serta Moussa Sow yang mengelola klub NASL di San Diego. Klub ini akan siap bertarung di musim 2018.

Pemain Shanghai Shenhua ini punya sekitar 35% saham di klub San Diego ini yang menjadikannya pemegang utama.

” San Diego merupakan klub yang begitu menggairahkan. Saya dan rekan saya sekalian merasa bahagia dapat mewujudkan mimpi, ” tutur pemain dari Belgia tersebut.