Advertisement
Piala Eropa

Mengukur Ketangguhan Timnas Italia Di Euro 2016

Kejuaraan Tertinggi benua Eropa tahun 2016 ini telah menghadirkan banyak kejutan dari luar serta dalam lapangan hijau sebelum pertandingan resmi digelar. Salah satu kejutan datang dalam warna pilihan skuat Italia ketika pelatih Antonio Conte tidak menyertakan gelandang berpengalaman Andrea Pirlo dan Riccardo Montolivo ke dalam tim yang diberangkatkan mengikuti turnamen Euro Prancis.

Mengukur Ketangguhan Timnas Italia Di Euro 2016

Secara terbuka Conte telah mengumumkan 23 pemain yang akan dibawanya ke Euro. Warna Juventus mewarnai skuat Gli Azzurri tahun ini. Terbukti tujuh pemain yang saat ini membela Juve, sedangkan empat pemain lain pernah berseragam Bianconeri.

Dari posisi penjaga gawang, Gianluigi Buffon jelas menjadi pilihan utama berkat faktor pengalaman serta kepemimpinan yang dimilikinya. Para pemain Juventus akan menjadi andalan lini belakang Italia. Ditambah lagi dengan kehadiran pemain Manchester United, Matteo Darmian yang rajin menghuni skuat inti pilihan Conte.

Lalu datanglah sebuah pertanyaan besar yang datang dari lini tengah Italia, dimana Pirlo dan Montolivo, Claudio Marchisio dan Marco Verratti tidak masuk ke dalam skuat akibat cedera. Jelas, ini akan mengurangi kualitas permainan Italia. Conte tampaknya harus mengandalkan kreativitas dari sektor sayap yang memberikan harapan lain untuk bisa mendapatkan serangan.

Lanjut dengan karaguan besar yang datang dari lini depan tim. Tidak ada striker yang haus gol di dalam skuat Azzurri saat ini. Graziano Pelle, yang tampaknya akan menjadi pilihan utama di Prancis, adalah topskor Italia era kepelatihan Conte yang baru mengemas lima gol. Namun nama-nama lain macam Simone Zaza masih menjadi pemain pelapis Juventus dengan minim pengalaman.

Adapun banyak sebuah anggapan datang dari publik negara tersebut yang menyebutkan bahwa ada keraguan besar dari pendukung Italia atas perjalanan tim nya nanti di putaran final Euro 2016.