Serba Serbi

Menarik, Meksiko Tak Gentar Hadapi Brasil Di 16 Besar Piala Dunia 2018

Meksiko saat menaklukan Jerman 1-0 di Piala Dunia 2018

Konsistensi Meksiko di kompetisi Piala Dunia cukup aneh pasalnya mereka telah selalu lolos dari tujuh babak penyisihan grup turnamen ini hingga sekarang, namun enam diantaranya berakhir saat mencoba untuk mendapatkan tiket menuju delapan besar. Tentu kutukan perdelapan final ini, ingin mereka akhiri dengan menaklukan Brasil di Piala Dunia 2018 ini.

Meksiko di Babak Penyisihan Grup Piala Dunia 2018

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, Meksiko bisa dibilang cukup beruntung dalam turnamen kali ini , pasalnya lawan terberat mereka yaitu Jerman, mampu mereka kalahkan dengan skor tipis 1-0. Selain itu Korea Selatan yang berada diperingkat ke 57 FIFA, mampu mengalahkannya yang bertengger di puncak daftar tersebut. Meksiko juga mampu menaklukkan Korea Selatan di putaran kedua yang membuat mereka aman dengan apapun yang terjadi di putaran ketiga. Namun sayangnya mereka tak mampu menyempurnakan dua kemenangan mereka dengan menelan tiga gol tanpa balas saat menghadapi Swedia.

Meksiko saat menaklukan Jerman 1-0 di Piala Dunia 2018

Meksiko saat menaklukan Jerman 1-0 di Piala Dunia 2018

Kini mereka telah masuk 16 besar dan di Cosmos Arena, namun mereka ingin melangkah lebih jauh yang mereka capai saat ini, apalagi mereka selalu gugur saat berebut tiket menuju perempat final. Bahkan menariknya ini sudah keenam kalinya dalam enam pertandingan terakhir mereka. Namun kini mereka harus menghadapi tim favorit gelar juara turnamen ini yaitu Brasil.

Keyakinan Meksiko di Perdelapan Final Piala Dunia 2018

Meskipun demikian, Tim Meksiko saat ini akan digembar-gemborkan jika mereka mampu melangkah mengalahkan Brasil. Selain mematahkan kutukan perdelapan besar Piala Dunia, mereka mampu mengalahkan salah satu tim terkuat di turnamen ini. Hal itu menjadi semangat mereka untuk menghadapi Brasil seperti yang diungkapkan oleh gelandang mereka yaitu Andres Guardado, yang sempat mengatakan dalam konferensi pers pada Jumat lalu,

Andres Guardado timnas Meksiko 2018 saat konfernsi Pers untuk hadapi Brasil di Piala Dunia 2018

Andres Guardado timnas Meksiko 2018 saat konfernsi Pers untuk hadapi Brasil di Piala Dunia 2018

“Kami tidak pernah mengalahkan Jerman di Piala Dunia dan kami berhasil melakukannya saat ini. Itulah yang kami pegang. Kami datang ke sini untuk membuat sejarah dan itu ada di tangan kami.”

“Kami akan melakukan segala kemungkinan karena pada akhirnya kami tahu bahwa [tidak mengalahkan Brasil di Piala Dunia] adalah statistik dan ketika pertandingan dimulai, statistik tidak dihitung.”.

Ia pun menambahkan, “Fakta bahwa ini adalah pertandingan penting terakhir kami untuk mengubah sejarah, tidak akan memotivasi kami. Apa yang memotivasi kami adalah fakta bahwa kami berada di babak 16 besar, dengan Brasil sebelum kami dan kami perlu satu kemenangan lagi untuk mencapai game kelima akhirnya. Itu ada di tangan kami.”.

Meksiko juga memiliki catatan baik Meksiko saat menghadapi Brasil dimana mereka memenangkan emas Olimpiade pada tahun 2012 melawan Brasil, mengalahkan mereka di final Piala Konfederasi 1999 dan bermain di babak penyisihan grup Piala Dunia 2014. Namun mereka juga perlu mengingat, Brasil saat ini mencetak 41 gol dan hanya kebobolan 11 dari 18 pertandingan di babak kualifikasi. Selain itu 10 dari 11 pemain utama mereka menjadi bintang klub-klub elit Eropa seperti Atletico Madrid, Juventus, PSG, Liverpool dan Manchester City, dan beberapa diantaranya  juga duduk di bangku cadangan.

Dengan kata lain, Meksiko melihat pertandingan kali ini sebagai peluang. Dan jika Meksiko benar-benar berhasil melakukan hal-hal luar biasa di Rusia seperti menghadapi Brasil, mereka tak sekedar mematahkan kutukan perdelapan final mereka, namun akan mendapatkan pujian besar dari seluruh negeri. Bagaimana menurut Anda peluang mereka?