Advertisement
Berita Sepak Bola

Melihat Perjalanan Karir Diego Simeone

Melihat Perjalanan Karir Diego Simeone
Melihat Perjalanan Karir Diego Simeone

Karir Diego Simeone sebagai pelatih Atletico Madrid memang menakjubkan. Masih terhitung sebagai pelatih muda, Simeone membuat kejutan dengan mempersembahkan gelar La Liga kepada Atletico Madrid di musim 2023/2014. Prestasi ini tentu menambah catatan manis karirnya di dunia sepakbola. Menarik memang jika melihat perjalanan karir Diego Simeone di dunia sepakbola.
Pria yang kini berumur 45 tahun ini memang menjadi salah satu gelandang terbaik Argentina di era 90an. Simeone mengawali karirnya di klub Argentina, Velez Sarfield saat usianya belum genap 20 tahun. Selama tiga tahun membela Velez Sarfield, Simeone akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menjajal kompetisi elit Eropa, tepatnya Serie A Italia.

Klub pertama Simeone di Italia adalah AC Pisa. Karir Simeone di klub ini bisa dibilang tidak istimewa. Klub yang dibelanya pun harus terdegradasi ke Serie B. Setelah itu, Simeone melanjutnkan petualangan barunya di liga elit Eropa lainnya, yaitu La Liga.
Tim La Liga pertama yang diperkuatnya adalah Sevilla. Disini, permainan Simeone mulai terasah. Dia mampu menunjukkan bakatnya di lapangan tengah. Berkat permainannya itulah, Simeone kemudian dibeli oleh klub Atletico Madrid. Disini, Simeone semakin berkembang dan juga berhasil mempersembahkan gelar La Liga dan Copa del Rey di tahun 1996.

Empat tahun bersama Atletico Madrid, Simeone akhirnya kembali ke Serie A dengan memperkuat raksasa Italia, Inter Milan. Dua musim membela Inter, Simeone mempersembahkan gelar UEFA Cup di tahun 1998.
Di tahun 1999, Simeone bergabung dengan gerbong pemain Argentina seperti Hernan Crespo, Matias Almeyda, Juan Sebastian Veron, dan Nestor Sensini di klub Serie A lainnya Lazio. Di klub inilah Simeone berhasil mencapai puncak karirnya sebagai pemain. Simeone berhasil mempersembahkan gelar Scudetto, Piala Super Eropa, Coppa Italia dan Super Italia.

Setelah 4 musim membela Lazio, Simeone kembali lagi ke Atletico Madrid. Simeone bermain di Atletico Madrid hingga tahun 2005, sebelum memutuskan pensiun pada usia 36 tahun di klub Argentina, Racing Club. Di klub itu pula Simeone mengawali karir kepelatihannya.
Simeone kemudian secara berturut-turut menangani tiga tim liga Argentina, yaitu Estudiantes, River Plate dan San Lorezo, sebelum hijrah ke Italia untuk menjadi pelatih Catania. Setelah dari Catania, Simeone mendapatkan kesempatan untuk melatih mantan timnya saat masih bermain, yaitu Atletico Madrid. Hingga kini, Simeone masih tetap menjadi pelatih kepala di Atletico Madrid dan menjadi salah satu pelatih muda yang disegani di Eropa.