Berita Sepak BolaBursa PemainLiga Jerman

Marc Bartra Ingin Tinggalkan Dortmund Setelah Klubnya Merekrut Manuel Akanji

Marc Bartra, Borussia Dortmund
Marc Bartra, Borussia Dortmund

Marc Bartra tinggalkan Dortmund?

Bek tengah Borussia Dortmund asal Spanyol yaitu Marc Bartra, diketahui telah diizinkan oleh klubnya untuk meninggalkan Signal Iduna Park bahkan pada Januari ini juga jika memungkinakan. Hal ini diungkapkan oleh media Sport Jerman Bild, karena klub tersebut telah memiliki penggantinya yang didatangkan dari Swiss yaitu Manuel Akanji.

Bartra merupakan pemain yang telah mengasah diri di akademi RCD Espanyol, yang kemudian pindah menuju akademi pemain muda Barcelona yaitu La Masia, pada usia 11 tahun. Setelah meningkatkan performanya dari barisan muda tersebut, ia dipromosikan menuju tim cadangan Barcelona, pada tahun 2009.

Ia pun sempat mencicipi pertarungan di La Liga bersama tim utama, dan akhirnya dipermanenkan untuk masuk ke tim yang diasuh oleh Tito Vilanova. Namun walaupun lebih sering dimainkan, ia masih belum mampu memantapkan sebuah tempat di lini belakang Barcelona.

Pada musim panas 2016, akhirnya ia dilepaskan oleh raksasa Spanyol dengan nilai 8 juta euro sebagai pengganti Mats Hummels yang hengkang ke Bayern Munich. ia memulai dengan luar biasa dan menjadi fixture permanen di jantung pertahanan Borussia Dortmund. Namun, hal-hal menjadi asam pada bulan April tahun lalu, saat Bartra mematahkan tulang di lengannya setelah bus tim klub terkena ledakan dalam perjalanan ke pertandingan Liga Champions UEFA mereka. Pemain internasional Spanyol menjalani operasi sebelum mengembalikannya sebulan kemudian.

Musim ini, Bartra terus menjadi pilihan pertama dalam pertahanan untuk manajer baru Peter Bosz. Tapi beberapa performa  yang tidak bersemangat dan kesalahan yang mengecewakan, membuatnya tak dilirik oleh Peter Stoger sebagai tim utama.

Apalagi Dortmund baru saja menandatangani Manuel Akanji dari FC Basel bulan ini, dan juga membuat spekulasi semakin berkembang bahwa akan ada penjualan satu atau lebih pemain bertahan mereka dalam waktu dekat. Neven Subotic adalah pemain yang paling mungkin untuk meninggalkan BVB karena ia hanya sebagai pemain lapis terakhir untuk diturunkan kelapangan. Namun sekarang sepertinya Bartra juga melangkah menjauh.

Kabar pun mengungkapkan bahwa dirinya Bartra tidak merasa tidak puas dengan Borussia Dortmund. Dia hanya benar-benar ingin kembali ke Spanyol. Penggemar Dortmund akan sangat kecewa kehilangan Marc Bartra. Tapi setelah semua yang dia alami, bisa dimaklumi mengapa dia ingin kembali ke rumah.

Hingga saat ini, Bartra menjalani 43 pertandingan yang melibatkannya disemua kompetisi dalam waktu delapan belas bulan keberadaannya di Dortmund dan menebusnya dengan empat buah gol. Namun belum diketahui klub mana yang sudah mengontaknya ataupun klubnya.