Advertisement
Berita Sepak Bola Bursa Pemain Liga Jerman Liga Lain

Manuel Akanji Resmi Di Bergabung Dengan Borussia Dortmund

Manuel Akanji, Borussia Dortmund, FC basel
Manuel Akanji Borussia Dortmund

Diketahui bahwa Borussia Dortmund telah mencapai kesepakatan dengan FC Basel untuk segera melakukan perpindahan pemain bertahannya yaitu Manuel Akanji. Bahkan bek berusia 22 tahun itu telah berhasil menandatangani kesepakatan untuk mengikatnya hingga 30 Juni 2022 mendatang.

Akanji sendiri memang mengawali karir sepak bolanya di akademi kota kelahirannya yaitu FC Wiesendangen daru usia sembilan tahun namun tiga tahun kemudian, ia beralih menuju FC Winterthur yang bermain di Swiss Challenge League, divisi kedua kompetisi sepak bola tertinggi negara tersebut.

Pada tahun 2015 ia dimainkan di tim utama dan mendapatkan tempat reguler , namun pada musim panas 2015 lalu, Ia diboyong oleh raksasa Liga Swiss yaitu FC Basel. Ia pun mencicipi dua gelar juara sejak keberadaannya di tim utama dan juga dimusim lalu ia membantu timnya memenangkan Swiss Cup.

Dan jika hal tersebut belum membuatnya menarik, pemain keturunan Nigeria dan Swiss itu telah berhasil mencetak lima gol dalam 42 penampilan papan atas untuk Besel. Selain itu, Ia telah mewakili Swiss empat kali di tingkat senior.  Inilah yang mebuah Borussia Dortmund tertarik untuk merekrutnya.

“Penampilan Manuel menempatkannya di radar sejumlah klub papan atas Eropa, dan kami senang dia memilih untuk bergabung dengan kami,” kata Direktur Sporting Michael Zorc dari Borussia Dortmund. “Dia sudah menunjukkan di tingkat internasional dan Liga Champions bahwa dia bisa bermain di level tertinggi di Eropa. Meskipun demikian, kami masih menganggapnya sebagai bek bertahan yang memiliki potensi untuk pengembangan lebih lanjut.”.

Akanji sendiri mengungkapkan perasaannya saat memutuskan untuk memilih klub berseragam kuning hitam itu dan mengatakan, “Diskusi yang saya hadapi dengan mereka yang bertanggung jawab di Borussia Dortmund membuat saya merasa nyaman, karena itu keputusan hati dan saya selalu menikmati sepak bola yang mereka mainkan di Dortmund,” Ia menambahkan,  “Saya menanti-nantikan waktuku di sini dan akan memberikan yang terbaik.”

Akanji yang akan memakai nomor 16 di bagian belakang kemejanya,  telah membuat tujuh penampilan Eropa saat menjadi pemain Basel. Dan musim ini ia bermain 90 menit penuh di enam pertandingan Liga Champions untuk jawara liga Swiss musim lalu, membantu mereka mencapai babak sistem gugur. Walaupun Ia tak bisa melanjutkan permainan di Liga Champions, Akanji masih bsia bermain di Liga Europa UEFA musim ini mewakili Borussia Dortmund.