Berita Sepak BolaBola DuniaBursa PemainGosipLiga InggrisProfil Pemain

Manchester United Siap Untuk Memecat Mourinho?

Jose Mourinho akan dipecat dalam waktu dekat dari Manchester United?

Pertandingan kedua Manchester United di musim ini telah membawa mereka menelan pil pahit dimana mereka kalah saat menghadapi Brighton & Hove Albion FC. Tentu hal ini membuat banyak pihak mempertanyakan kemampuan Jose Mourinho dalam mengelola timnya menghadapi klub yang bukan termasuk dari papan atas. Bahkan terdengar kabar yang beredar dimana pembesar United termasuk CEO United Ed Woodward, telah kehilangan kepercayaan pada kemampuan Mourinho dan mulai ragu apakah dia adalah manajer yang tepat untuk klub. Dan intinya adalah Manchester United siap untuk memecat Mourinho dalam waktu dekat.

Jose Mourinho akan dipecat dalam waktu dekat dari Manchester United?

Jose Mourinho akan dipecat dalam waktu dekat dari Manchester United?

Profile Jose Mourinho

Mourinho memulai karir kepelatihannya saat mengasuh Benfica September 2000 namun tak ia tuntaskan karena masalah manajemen klub saat itu dimana ia berakhir pada awal Desember tahun yang sama. Ia pun  mengasuh Uniao de Leiria pada musim panas 2001 namun hanya bertahan selama enam bulan karena FC Porto merekrutnya.

Ia pun beralih menuju Chelsea pada musim panas 2004, namun setelah membawakan enam piala dalam waktu tiga tahun, ia secara tiba-tiba memutuskan untuk berhenti, walaupun belum memiliki klub yang mengincarnya saat itu. Di musim panas 2009, ia direkrut Inter Milan untuk menggantikan Roberto Mancini.

Sukses pun ia dapatkan di Italia, bahkan ia membuat Inter menjadi klub pertama yang meraih treble Serie A, Coppa Italia dan Champions League 2009-10.  Hal ini membuat Real Madrid meliriknya bahkan memaksa Inter melepaskannya dengan kompensasi besar. Dan akhirnya peralihannya pun terjadi.

Namun perjalanannya di Spanyol tidak lah mulus seperti klub sebelumnya walaupun ia telah mempersembahkan gelar juara La Liga, Copa del Rey dan Supercopa de Espana. Sayangnya piala tersebut ia dapatkan dalam waktu tiga tahun. Belum lagi kerenggangan dengan para pemainnya termasuk Cristiano Ronaldo. Dan akhirnya pada awal Juni 2013 ia mengundurkan diri dari klub.

Chelsea pun langsung segera merekrutnya untuk melanjutkan kerja sama yang pernah terhenti. Namun sayangnya ia hanya mampu meraih sebuah piala Premier League dan Football League Cup dalam dua tahun keberadaannya. Bahkan di tahun ketiganya ia diberhentikan ditengah musim setelah membawa The Blues menelan 9 kekalahan dari 16 laga di Premier League. Akhirnya pada akhir Mei 2016 ia ditunjuk sebagai pelatih Manchester United, menggantikan Louis Van Gaal.

Jose Mourinho dan Manchester United

Pada awalnya panyak pendukung dan orang-orang berpengaruh, termasuk manajer legendaris, Sir Alex Ferguson, menentang penunjukan ini. Pasalnya manajer asal Portugal itu memiliki sejarah yang unik dimana sering menarik perhatian publik dengan alasan yang salah. Rekrutmen ini juga dianggap menambah citra buruk bagi klub.

Ed Woodward saat memperkenalkan Jose Mourinho kepada publik sebagai pelatih Manchester United

Ed Woodward saat memperkenalkan Jose Mourinho kepada publik sebagai pelatih Manchester United

Ferguson bahkan sempat dikabarkan tertarik untuk membawa Pep Guardiola ke klub, namun, Ed Woodward yang merupakan penggemar berat skill manajerial Mourinho dan sangat mendukung pengangkatannya.

Dalam dua tahun keberadaannya di Old Trafford, ia berhasil meraih gelar juara EFL Cup 2016-17, FA Community Shield dan UEFA Europa League. Bahkan di musim lalu Ia mampu menyaingi rival sekotanya yaitu Manchester City di Premier League dengan bertengger di peringkat kedua klasemen.

Sayang di musim ini, tepatnya pertandingan putaran kedua Premier League, ia membawa timnya menelan kekalahan di markas Brighton. Beberapa wartawan bahkan menyatakan bahwa Jose tidak lagi dipandang baik di klub termasuk Ed Woodward yang menjadi salah satu pendukung terbesarnya diketahui mulai kehilangan harapan terhadap dirinya juga.

Analisa performa Mourinho

Untuk membahas kinerja Mourinho bersama United, marilah kita cek catatan yang telah ia hasilkan hingga saat ini.

Mourinho telah menghabiskan total 818 hari lebih di Old Trafford dan telah mengelola 122 pertandingan. Dari pertandingan tersebut, ia telah memenangkan 75 kali, imbang 25 kali dan kalah 22 kali. Hal ini membuatnya meraih persentase kemenangan 61,47%, bukan nilai yang terlalu buruk, namun bukan juga yang terbaik, karena sebelumnya ia bisa lebih dari itu. Selain itu ia membawa timnya meraih rata-rata mencetak 1,72 gol per pertandingan dan kebobolan rata-rata 0,72 gol per pertandingan.

Tiga pelatih Manchester United setelah era Sir Alex Ferguson (David Moyes, Louis Van gaal dan Jose Mourinho)

Tiga pelatih Manchester United setelah era Sir Alex Ferguson (David Moyes, Louis Van gaal dan Jose Mourinho)

Meskipun demikian, ia merupakan manajer terbaik yang ditunjuk United sejak keberangkatan Alex Fergurson. Dia memiliki catatan yang lebih baik daripada David Moyes dan Louis van Gaal, yang memenangkan hanya 50,98% dan 52,42% dari pertandingan yang mereka kelola saat itu. Selain itu Moyes hanya membawa piala FA Community Shield sementara van Gaal hanya meraih Piala FA, sedangkan Mourinho telah memenangkan tiga trofi dalam dua musim.

Keputusan memecat Jose Mourinho?

Keputusan klub memecat Mourinho pada tahap awal musim ini sepertinya terdengar menggelikan dan tidak masuk akal dari perspektif sepakbola dan keuangan. Kontrak manajer veteran berjalan hingga 2020 dan memecatnya sekarang juga berarti membayar paket kompensasi yang besar juga.

Selain itu Juga, mengganti seorang manajer setelah hanya dua pertandingan di musim baru, bisa membawa sejumlah kekacauan yang tak terbayangkan ke ruang ganti. Pelatih baru berarti strategi baru dan tentu ia juga harus beradaptasi tentang pemain yang akan ia tangani, mengenal kekurangan dan kelebihannya.

Mungkinkah Manchester United siap untuk memecat Jose Mourinho dalam waktu dekat? Siapakah yang akan cukup pantas menggantikannya dan membawa kubu setan merah kembali ke puncak kejayaan? Mungkinkah Zinedine Zidane? Luis Enrique? Atau Antonio Conte? Siapa pun itu akan menarik untuk melihat masa depan mereka dalam waktu dekat dan menepis semua alasan mengapa United tidak ditakuti lagi oleh rivalnya.