Liga Spanyol

Lionel Messi Catat Rekor Fantastis di Barcelona

Lionel Messi

Goldewa.com – Lionel Messi mencatatkan rekor baru di Barca. Messi sukses meraih laga ke-700 ketika timnya berhadapan dengan Borussia Dortmund pada laga babak grup Liga Champions musim ini, pada Kamis (28/11) dinihari WIB.

Sang pelatih yakni Ernesto Valverde akan menurunkannya dalam laga Barcelona vs Borussia Dortmund di pertengahan minggu ini yang sekaligus membuka penampilan pemain dari timnas Argentina tersebut dengan rekor barunya itu.

Mencatatkan 700 laga bersama Blaugrana, Messi menjadi pemain kedua denga peroleha itu di klubnya. Sebelumnya, Xavi Hernandez sudah meraih 767 laga bersama tim ini. Messi sendiri masih memiliki kontrak sampai tahun 2021 yang akan datang dan diprediksi akan melampaui catatan Xavi selama di Barca.

Selain itu, musim ini merupakan musim ke-16 Lionel Messi bersama Blaugrana setelah menjalani debut bersama Frank Rijkaard di tahu 2004/05. Dia menjadi pemain dalam 44 laga tiap musimnya. Messi rata-rata mencatatakan lebih dari 38 gol tiap musimnya dan meriah 34 gelar juara, termasuk 10 gelar liga.

Messi sendiri memulai debut pada 16 Oktober 2004, saat ia tampil di tim inti kontra Espanyol. Masih berumur 17 tahun, dia bermain dengan bakat luar biasanya khususnya dalam laga ujicoba bersama Porto di tahun 2003 dan Juventus pada 2004 silam.

Babak baru karirnya kembali dimulai saat Pep Guardiola datang ke Camp Nou. Hadirnya pelatih dari Catalan itu sekaligus perginya Ronaldinho dan Deco, membuat Messi berperan penting dalam skuadnya. Hengkangnya Samuel Eto’o, ia berubah menjadi pemimpin tim dengan jumlah gol yang hebat. Pada musim 2011, Messi mencatatkan 73 gol dalam satu musim.

Lionel Messi

Dalam musim 2008 sampai 2012, Messi menjadi pesepakbola dunia dan tetap konsisten di timnya, Dia meraih Ballon d’Or pertamanya di tahun 2010 silam dan terus menampilkan kehebatannya sebagai pemain dunia. Bahkan, banyaknya prestasi Messi, dibutuhkan ensiklopedia dalam mendokumentasikan perolehannnya.

Catatan menarik dalam gol dan assist, sepakan bebas, penalti, hingga sikap di lapangan membuat Messi tetap menjadi idola hingga 699 laganya bersama Bercelona. Selain itu, dia juga sukses mencatatkan banyak rekor yang tak terduga sebelumnya.

Messi sudah menjadi mesin gol terbanyak di Camp Nou, dengan 356 gol dari 342 laganya. Ia mempunyai rata-rata lebih dari satu gol di tiap laganya dan mencatatkan 280 laga di Camp Nou.  Dan kini, dia memiliki peluang untuk menambah catatannya tersebut dalam laga Barcelona vs Borussia Dortmund dan Inter pada minggu yang akan datang.

Lionel Messi sendiri tengah fokus untuk mengalahkan catatan Xavi. Salah satu rekor yang dapat dia raih di tahun 2020 nanti yakni rekor pencetak gol terbanyak untuk satu klub. Pemain Argentina tersebut kini mendapat 612 gol dan 31 laga tandang sama dengan Edson Arantes do Nascimento dari Brasil, dengan 643 gol untuk Santos.