Advertisement
Liga Inggris

Lacazette Memang Penting, Namun Rotasi Pemain Juga Tak Kalah Penting

Alexandre LacazetteLegenda Arsenal, Thierry Henry berharap agar Alexandre Lacazette bisa tampil impresif di musim perdananya bersama Arsenal. Namun Henry juga percaya pemain-pemain lain di sektor serang juga akan krusial.

Lacazette direkrut Arsenal dari Olympique Lyon di bursa transfer musim panas ini dengan nilai kabarnya mencapai 46,5 juta poundsterling, yang memecahkan rekor klub. Dia diharapkan jadi andalan baru di sektor penyerangan The Gunners.

Musim lalu, penyerang berusia 26 tahun ini membuktikan ketajamannya di Liga Prancis dengan mencetak 28 gol dari kali 30 bertanding. Itu merupakan musim ketiga Lacazette secara berturut-turut di mana dia mencetak lebih dari 20 gol semusim di Ligue One.

Tantangan di Premier League diakui Henry akan jauh lebih berat dan menjadi tantangan untuk juniornya di tim nasional Prancis itu. Namun mempertimbangkan komposisi squad The Gunners yang juga lebih oke dari Olympique Lyonn, Henry merasa takkan ada masalah berarti.

“Alexandre Lacazette melakukannya di Liga Prancis dan orang-orang mungkin bilang itu kompetisi di level berbeda. Tapi, tanpa mengurangi rasa hormat untuk Olympique Lyon, dia juga akan bermain dengan para pemain yang lebih baik. Saya mendukungnya untuk menjalani musim yang bagus,” kata Thierry Henry kepada Sky Sports.

“Tapi rotasi pemain juga penting. Di beberapa pertandingan, Anda akan perlu Olivier Giroud dan Alexis Sanchez di posisi penyerang tengah dan terkadang Anda harus memainkan Danny Welbeck atau Theo Walcott, siapapun yang akan memberikan dampak,” dThierry Henry menambahkan.

Rotasi pemain sangat diperlukan untuk menghadapi rival yang punya bermacam-macam karakter, dan juga jadwal kompetisi yang padat. Olivier Giroud misalnya, dia bisa diandalkan untuk mengatasi kebuntuan melalui duel-duel udara.

Henry sendiri sebenarnya merasa cukup heran dengan situasi yang dialami oleh Lacazette dan Giroud, di mana keduanya bisa punya peran yang bertolak belakang antara di tim nasional Prancis dan di Arsenal.

“Alexandre Lacazette punya gaya permainan yang sangat berbeda dengan Giroud, yang mana saya rasa itu bagus karena Anda perlu tipe-tipe penyerang yang berbeda-beda. Ironis jika Anda melihat Olivier Giroud jadi starter untuk Prancis dan Olivier Giroud adalah penggantinya, sementara di Arsenal sepertinya Olivier Giroud lah yang justru akan jadi pengganti.” tutup Thierry Henry.