Advertisement
Liga Spanyol

Kunci Sukses Barca Dalam Satu Dekade Terakhir: Messi

Lionel MessiBarcelona menjadi salah satu tim yang paling mendominasi Eropa dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Keberhasilan yang diraih Barca selama ini tidak lepas dari pengaruh besar penyerang andalannya, Lionel Messi.

Menurut Gerard Pique, Barcelona meraih keberhasilan sampai seperti ini karena kehadiran Messi. Untuk itu, Barca tinggal memberi sebuah tim kompetitif untuk Messi agar mereka bisa rutin meraih gelar juara.

Pique yang baru saja menandatangani kontrak baru bersama Los Azulgrana hingga musim panas tahun 2022 mendatang, mengeluarkan sanjungan setinggi langit untuk rekan satu timnya tersebut.

Selama 14 musim merumput di Camp Nou, Messi telah mengumpulkan 29 trofi yang tentu saja masih bisa bertambah mengingat Los Cules saat ini berada di puncak klasemen La Liga Spanyol dan masih bertahan di Liga Champions dan Copa del Rey.

“Kunci keberhasilan Barcelona dalam kurun waktu 10 tahun terakhir adalah Lionel Messi. Kami hanya mengikutinya. Jika harus disebutkan siapa pemain kunci dari semua gelar yang diraih, Leo adalah jawabannya” ujar Gerard Pique.

“Satu hal yang harus kami lakukan adalah kami harus memberikan sebut tim kompetitif karena Leo membutuhkan sebuah tim yang kompetitif untuk memberikan semua gelar juara kepada kami.”

Tim besutan Ernesto Valverde ini untuk sementara ini unggul 11 poin dari Atletico Madrid di La Liga dan membuka jarak 19 poin dengan rival abadi mereka, Real Madrid yang masih tertahan di peringkat empat klasemen.

Senada dengan performa Barca, Messi pun tampil gemilang musim ini dengan torehan 27 gol dari 32 pertandingan di semua seluruh ajang kompetitif. Pemain barjuluk La Pulga ini untuk sementara memuncaki daftar topskorer sementara La Liga.

Sementara itu, Barca akan beraksi lagi di tengah lapangan pada pertengahan pekan ini dengan menjamu Valencia di putaran pertama semi-final Copa del Rey.