Berita Sepak BolaBola DuniaPiala Dunia

Kosta Rika Tak Bisa Dipandang Remeh

Kosta Rika Tak Bisa Dipandang Remeh

Kosta Rika Tak Bisa Dipandang Remeh

Kosta Rika nyaris gagal melangkah ke Rusia. ­Untungnya saat berhadapan dengan Honduras cetak angka Kendall Watson membawa mereka menuju babak final pada bulan Juni nanti.

Timnas Kosta Rika saat raih skor imbang 1-1 membuat mereka berada di posisi runner-up zona Concacaf dengan posisi pertama Meksiko yang menempati posisi pertama.

Usai nyaris keluar, Kosta Rika sesungguhnya raih hasil yang oke di babak kualifikasi. Lewat 10 laga, mereka cuma 2 kali tunduk saat melawan Meksiko dan Panama, dengan poin 16, hasil 4 kali menang dan 4 kali imbang.

Mereka pada akhirnya menjadi tim ke-13 yang lolos putaran final Piala Dunia 2018. Untuk kelima kalinya asukan Los Ticos berhasil lolos di ajang sepakbola paling besar di dunia tersebut.

Di Piala Dunia 2014 adalah catatan terbaik untuk Kosta Rika. Saat itu, mereka bisa perlihatkan diri sebagai lawan yang tidak bisa dipandang remeh usai tembus babak perempat final, sebelum pada akhirnya ditahan oleh Belanda dengan adu penalti.

4 tahun lalu yang menjadi sebuah pengalaman, sekarang ini Kosta Rika juga menjadi tim yang layak menjadi bahan pertimbangan di Rusia nanti. mereka bakal 1 grup dengan 3 tim lain yaitu Brasil, Swiss, dan Serbia di Grup E piala dunia 2018.

Mereka kembali berusaha raih hasil yang sama 4 tahun yang lalu bersama Oscar Ramirez. Hasil selama 4 tahun itupun adalah sebuah pertanda kesuksesan mereka dengan berhasil masuk di ”16 Besar”.  di ajang Piala Dunia 1990

Maka tahun ini peluang yang sama untuk kembali berhasil atau malah berprestasi lebih. Ditambah 2014 yang lalu, sebagai tim yang terus raih hasil oke bersama dengan Jerman dan Belanda dengan catatan yang bersih.

Namun bykan hal yang mudah harus satu grup dengan juara dunia 5 kali. Sebab di atas kertas, Brasil nyaris menuju babak selanjutnya.

Terkecuali ada sebuah keberuntungan, maka bisa saja 3 tim lainnya, berselisih untuk bisa menuju babak selanjutnya untuk ke grup ini.

Serbia berada di bawah Kosta Rika, dan mereka dalam waktu yang cukup lama tidak ikut serta, namun di Piala Dunia mereka tak dapat diremehkan.

Lewat 11 kali penampilan, Pengalaman mereka di putaran final Piala Dunia terbilang mencukupi. Lewat 11 kali tampil di Piala Dunia, mereka senpat raih hasil paling oke dengan berhasil lolos ke babak ”4 Besar” 2 kali, di tahun 1930 dan 1962.

Sedangkan Swiss yang sekarang ini berada di urutan 6 dunia, permainannya sedang naik. Pengalaman mereka juga terbilang banyak di ajang dunia ini, de­ngan tampil 10 kali. Mereka sudah 4 kali menembus babak perempat final lewat 10 pertandingan.

Kosta Rika sendiri punya kebolehan lewat kolektivitas permainannya. 2 faktor keunggulan mereka yaitu serangan yang matang, soliditas di garis belakang, dan juga ujung pertahanan yang kuat yaitu Keylor Navas, sang penjaga gawang mereka yang berhasil tembus babak final.