Neymar saat masih di Santos Barcelona dan PSG

Bursa transfer memang menjadi solusi sebuah klub untuk mendongkrak performa timnya. Bahkan tak jarang dari mereka yang bersedia menebus pemain incarannya dengan merogoh kantong yang cukup dalam. Mereka tahun harga yang dibeli klub tersebut sebelumnya jauh lebih murah dibandingkan dengan saat ini dan dampaknya klub yang memiliki pemain tersebut mendapat untuk besar dari penjualannya. Namun tahukah anda klub yang memiliki untung besar (secara financial diluar kurs yang berlaku dan kontribusinya terhadap klub) dengan menjual pemainnya hingga saat ini? Inilah dia.

5. Manchester United – Cristiano Ronaldo (75 juta euro)

Cristiano Ronaldo beralih dari manchester United menuju Real Madrid

Cristiano Ronaldo beralih dari Manchester United menuju Real Madrid

Pemain bintang Portugal ini memang sudah beralih menuju Juventus dari Real Madrid dengan tebusan 100 juta euro diluar bonus. Namun Madrid hanya memiliki selisih 6 juta euro saja saat membelinya dari Manchester United yaitu 94 juta euro,. Yang paling menang banyak justru Manchester United dimana saat mereka membelinya dari Sporting CP / Sporting Lisbon dengan biaya 19 juta euro namun menjualnya kepada Madrid pada tahun 2009 dengan nilai 94 juta euro. Jadi dalam waktu enam tahun, kubu setah merah untung 75 juta euro.

4. Tottenham Hotspur – Gareth Bale (86,3  juta euro)

Gareth Bale menandatangani kontrak dengan Real Madrid dari Tottenham Hotspur

Gareth Bale menandatangani kontrak dengan Real Madrid dari Tottenham Hotspur

Lagi-lagi Madrid memboyong pemain berbakat dengan selisih tinggi saat membeli Bale dari Tottenham Hotspur pada tahun 2013. Saat itu mereka menebusnya dengan harga 101 juta euro untuk pemain asal Wales. Namun yang menguntungkan sebenarnya adalah Spurs dimana mereka membelinya dari Southampton dengan tebusan 14,7 juta euro pada tahun 2007. Jadi The Lilly white saat itu untung sebesar 86,3 juta euro, dalam waktu enam tahun.

3. Borussia Dortmund – Ousmane Dembele (100 juta Euro)

Ousmane Dembele saat beralih dari Borussia Dortmund menuju Barcelona

Ousmane Dembele saat beralih dari Borussia Dortmund menuju Barcelona

Barcelona mencatat rekor membeli pemain dengan tebusan yang tinggi untuk pemain muda Borussia Dortmund yaitu Ousmane Dembele pada musim panas 2017 lalu mereka menebusnya sebesar 115 juta euro. Namun hal ini membuat Borussia Dortmund mendapatkan untung besar sebesar 100 juta dalam waktu satu tahun saja. Pasalnya mereka membelinya dari Renners dari Liga Prancis dengan harga 15 juta euro. Wow.

2. Liverpool – Philippe Coutinho (112 juta euro)

Philippe Coutinho saat memilih antara tetap bersama Liverpool atau menuju Barcelona

Philippe Coutinho saat memilih antara tetap bersama Liverpool atau menuju Barcelona

Salah satu yang masih hangat ketika Liverpool melepaskan Coutinho di musim dingin. Dengan berat hati mereka melepaskan pemain andalannya tersebut menuju Barcelona dengan tebusan 125  juta euro dan ini membuat mereka untung besar 112 juta euro. Hal ini dikarenakan mereka sempat membelinya dari Inter Milan pada Januari 2013 lalu, hanya dengan tebusan sebesar 13 juta euro.

1. Barcelona – Neymar (113,8 juta euro)

Neymar saat masih di Santos Barcelona dan PSG

Neymar saat masih di Santos Barcelona dan PSG

Memang Barcelona membeli Neymar dengan harga mahal dari Santos FC sebesar 88,2 juta euro pada musim panas 2013 lalu. Namun Paris Saint Germain telah memboyongnya pada musim panas 2017 lalu dengan tebusan 222 juta euro, yang menjadikannya sebagai pemain dengan transfer termahal di dunia. Hal ini membuat Barcelona untung sebesar 133,8 juta euro, dan menjadi klub yang memiliki untung paling besar dengan menjual pemainnya hingga saat ini.

Demikianlah klub yang memiliki untung besar dengan menjual pemainnya hingga saat ini, secara financial, diluar kurs yang berlaku dan kontribusinya terhadap klub. Dan ternyata tiga diantaranya merupakan klub dengan pengeluaran terbesar di musim panas ini. Tentu menyenangkan jika mereka bisa terus berinvestasi membeli pemain berbakat dan melepaskannya dengan harga tinggi bahkan berkali-kali lipat dari sebelumnya. Sayangnya hal itu tak selalu berhasil ya?