Advertisement
Berita Sepak Bola

Kesempurnaan Timnas Inggris di Babak Kualifikasi Euro 2016

Kesempurnaan Timnas Inggris di Babak Kualifikasi Euro 2016
Kesempurnaan Timnas Inggris di Babak Kualifikasi Euro 2016

Timnas Inggris berhasil tampil sempurna di laga terakhir Kualifikasi Piala Eropa 2016 grup E. Di pertandingan terakhirnya tersebut, Inggris berhasil mengalahkan tuan rumah Lithuania dengan skor cukup telak, 3-0. Tiga gol Inggris masing-masing dibukukan oleh Ross Barkley, Harry Kane dan Alex Chamberlain. Kemenangan tersebut juga menasbihkan Inggris sebagai satu-satunya Negara yang selalu membukukan kemenangan di semua laga Kualifikasi Piala Eropa 2016. Dari 10 laga yang telah dijalani, anak asuhan Roy Hodgson tersebut menyapu bersih semua laga dengan kemenangan. Ini adalah rekor tersendiri bagi The Three Lions.

Selain itu, Inggris juga menorehkan rekor sebagai salah satu tim paling agresif di babak kualifikasi dengan torehan 31 gol. Inggris hanya kalah dari Polandia yang unggul tipis dengan 33 gol. Namun Inggris unggul dalam agregat dari Polandia karena hanya kemasukan 3 gol saja selama babak kualifikasi.Hasil sempurna ini patut disyukuri oleh publik sepakbola Inggris. Pasalnya, timnas Inggris kerap dianggap sebagai tim medioker di kompetisi antar Negara Eropa. Hasil ini paling tidak mengembalikan kepercayaan publik Inggris ke Roy Hodgson.

Roy Hodgson sendiri tak terlalu kaget dengan hasil yang diraih oleh Joe Hart dkk. Menurut mantan pelatih Liverpool ini, dirinya percaya bahwa Inggris bisa tak terkalahkan di grup E kualifikasi Piala Eropa 2016 Perancis.
“Saya percaya bahwa tim ini mampu tak terkalahkan. Saya tak ingin mengubah persepsi di Piala Dunia (Brazil), karena kami tak bisa lolos dari grup, dan kami kalah di dua pertandingan awal. Tapi dengan hasil ini, kini kami sudah lebih siap untuk pertandingan ke depan,” ujar Hodgson seperti dikutip dari The Guardian.

Di Piala Dunia 2014 Brazil, Inggris memang tampil sangat mengecewakan. Berada satu grup bersama Italia, Uruguay dan Kosta Rika, Inggris hanya mampu menjadi juru kunci. Penampilan Inggris tersebut menambah panjang daftar kegagalan Inggris di kompetisi prestis.Kini, asa publik Inggris sedikit naik dengan keberhasilan lolos ke Perancis tanpa terkalahkan di babak kualifikasi. Hasil ini tentu menjadi modal berharga bagi The Union Jack dalam menyongsong kompetisi tertinggi antar Negara Eropa di Perancis, tahun 2016 mendatang.