Advertisement
Liga Champions

Kekalahan Telak Tim-tim Inggris di Liga Champions

bayern munich vs arsenal

Kekalahan Arsenal pada pertemuan pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini mengagetkan banyak orang. Raksasa Jerman Bayern Munich mencukur Arsenal dengan skor telak 5-1 pada Kamis (16/2/2017) dinihari WIB.

Hasil mengecewakan yang diraih Tim Gudang Pelur adalah kejutan kedua usai Barcelona, peraih lima titel Liga Champions, menyerah 0-4 dari Paris Saint-Germain satu hari sebelumnya. Mau tidak mau mereka wajib menang minimal lima gol tanpa balas di leg kedua pada 9 Maret nanti jika ingin lolos ke fase selanjutnya.

Tidak beda jauh, Arsenal pun mendapat tugas sulit lantaran pulang dengan defisit empat gol. Kekalahan tersebut memperingatkan The Gunners dua musim lalu mereka tumbang 1-5 juga akibat Bayern di fase grup.

Di sejarah turnamen Eropa, tidak ada tim yang mampu bangkit setelah kemasukan empat gol atau lebih. Selisih tersebut terlalu besar, bahkan Arsenal pernah mencobanya di musim 2011/2012 melawan AC Milan.

Mereka bisa membalasnya dengan sangat meyakinkan 3-0, namun agregat tetap berpihak pada 4-3 untuk Milan. Il Diavolo lantas melangkah ke perempatfinal kendati lajunya dihentikan Barca.

Direntet lebih jauh, deretan kekalahan memalukan kontestan asal Inggris di turnamen Benua Biru ini ternyata sempat terjadi ketika masih berformat Piala Champions. Bermula dari kemenangan Ajax eranya Johan Cruyff atas Liverpool sampai kekalahan Chelsea dari Barcelona 16 tahun lalu.

Berikut enam kekalahan menyakitkan tim-tim Inggris di Liga Champions:

1966: Ajax Amsterdam 5-1 Liverpool
1975: Real Madrid 5-1 Derby County
2000: Barcelona 5-1 Chelsea
2015: Bayern Muenchen 5-1 Arsenal
2017: Bayern Muenchen 5-1 Arsenal