Advertisement
Berita Sepak Bola Bursa Pemain Liga Prancis Profil Pemain

Houssem Aouar, Pemain Muda Berbakat Dari Akademi Lyon

Sepertinya Lyon telah memiliki seorang pemain berbakat lainnya untuk ditampilkan ke permukaan dari akademi mereka. Ia adalah Houssem Aouar. Ia pun kin menjadi andalan timnya di lini tengah, bahkan telah mencicipi gawang lawan dikakinya.

Pemain asal Prancis tersebut mengasah diri di AC Villeurbanne, di tahun 2006 saat usianya delapan tahun namun ia beralih menuju akademi Lyon tiga tahun kemudian. Ia pun mampu tampil cemerlang dan dilibatkan di tim cadangan klub tersebut pada tahun 2014.

Akhirnya Ia dipromosikan menuju tim utama dibawah asuhan Bruno Genesio pada bulan April lalu saat menghadapi AS Monaco dan hingga kini ia dengan cepat membuktikan dirinya sebagai pemain pentin Lyon bahkan menggeser pemain yang lebih berpengalaman seperti Jordan Ferri, dan Memphis Depay ke bangku cadangan. Ia pun aakn menggantikan Nabil Fekir selama dua minggu kedepan karena sang pemain mengalami cedera lutut saat pertandingan derby pada pekan lalu menghadapi Saint-Etienne.

Keberadaannya tentu akan membantu tim yang hingga saat ini tak pernah memenangkan pertandingan dalam lima laga terakhirnya di Ligue 1, bahkan tiga diantaranya mengalami kekalahan. Tak heran posisinya terus merosot, dimana AS Monaco mengambil alih posisi kedua klasemen. Kekalahan dalam laga terakhirnya juga membuat langkah mereka terhenti meraih piala Coupe de France saat menghadapi Caen di perempat final.

Houssem Aouar Lyon saat menghadapi Dijon
Houssem Aouar Lyon saat menghadapi Dijon

Aouar telah menunjukkan bahwa dia menghadapi tantangan tersendiri , setelah mengumpulkan 17 laganya di Ligue 1 pada kampanye musim ini. Apalagi saat membawa timnya unggul menghadapi PSG walaupun ia tak menyumbangkan gol dan assist, Januari lalu. Ia pun sempat mencetak gol pada debut penuhnya dan menunjukkan serangan keras untuk melepaskan diri dari posisinya di sayap kiri saat mengahadapi Dijon.

“Ketika saya kecil, saya memimpikan hal ini,” ungkapnya kepada L’Equipe pada bulan November lalu, saat tumbuh di era dominasi Lyon di Ligue 1.

“Saat latihan, saya harus melipatgandakan usaha saya,” katanya. “Saya tahu bahwa jika saya akan bermain secara profesional, menggantikan rekan satu tim saya, saya harus menjadi dua atau bahkan tiga kali lebih baik dari mereka. Itu membuat perbedaan. “.

(baca juga : Prediksi Akurat Montpellier vs Lyon 4 Maret 2018)

Pemain yang mengidolakan Juninho Zinedine Zidane tersebut juga mampu ditempatkan berbagai posisi yang berbeda seperti bermain di sayap kiri, sebagai pemain No.10 dan sebagai pemain box-to-box. Dia tidak gagal dalam semua tugas ini.

“Saya selalu bermain di tengah, jadi peran gelandang keras adalah yang paling saya sukai,” akunya. “Tapi aku juga suka sayap kiri. Hal ini memungkinkan saya untuk bekerja dan mengembangkan keterampilan lainnya. Aku akan beradaptasi dengan apapun. ”

“Tidak masalah di mana saya bermain, saya tahu ini adalah kesempatan saya dan saya akan bermain di manapun untuk mengambilnya!”.

Dan dengan  usianya yang baru berusia 19 tahun, tak heran jika dalam waktu dekat ada klub yang meminatinya. Bahkan sebelumnya Liverpool telah mencoba untuk menandatanganinya sebelum ia bergabung dengan tim utama Lyon. Barcelona dan Arsenal juga sempat dikaitkan dengannya.

Houssem Aouar transfer menuju liverpool
Houssem Aouar transfer menuju liverpoolHoussem Aouar transfer menuju liverpool

Jika Lyon, yang telah memiliki seorang pemain berbakat seperti Houssem Aouar, tak segera menjaganya dengan kontrak yang lebih baik, tentu klub raksasa Eropa lainnya akan segera menggoda dengan kesepakatan yang pastinya menggiurkan.