Advertisement
Liga Inggris Serba Serbi

Hina Petugas Doping, Phil Jones Absen di Final Piala Super UEFA

Manchester United dikenal sebagai salah satu tim sportif di Inggris dan dunia, namun apa jadinya ketika julukan itu menjadi perbincangan usai salah satu pemainnya melakukan tindakan bodoh yang sudah pasti merugikan timnya sendiri.

Baru ini pemain bertahan Manchester United, Phil Jones secara resmi mendapat sanksi dua pertandingan Eropa dari UEFA gara-gara mengejek petugas doping setelah Setan Merah menang atas Ajax Amsterdam di final Liga Europa awal bulan Mei kemarin.

Dalam surat pernyataan, Jones dituding melakukan kekerasan verbal kepada petugas doping setelah dia diminta melakukan tes doping pasca laga, sementara rekan setimnya berfoto dengan spanduk dukungan kepada kota Manchester di ruang ganti. Laga seru itu pun digelar usai terjadi ledakan horor yang menewaskan 22 orang di Manchester Arena di akhir konser Ariana Grande.

Dengan kepastian tersebut, Jones dipastikan absen dilaga final Piala Super UEFA kontra Real Madrid di Skopje pada 8 Agustus mendatang, tak berhenti sampai disitu saja, Jones juga akan melewatkan partai pertama Setan Merah di Liga Champions musim ini, plus denda 5.000 euro.

Tak hanya Jones saja yang terkena sanksi, dilain sisi ada nama Daley Blind. Pemain Belanda tersebut harus membayar denda 5.000 euro usai gagal memberikan laporan langsung ke stasiun kendali doping setelah kemenangan 2-0 bagi Manchester United tersebut.

Hari itu benar-benar menjadi hari buruk bagi Manchester meski mereka berhasil menjadi juara, namun Manchester United pun tak lepas dari sanksi UEFA. Skuat garapan Jose Mourinho ini harus membayar 10.000 euro karena melanggar Regulasi Anti-Doping.

“Tim bertanggung jawab untuk memastikan pemain menjalani tes doping, diambil oleh masing-masing perwakilan tim ke stasiun kendali doping langsung dari lapangan sesaat setelah pertandingan usai. Hal ini berlaku bahkan ketika pendamping ditunjuk oleh UEFA,” demikian pernyataan resmi dari pihak kendali doping.

Dilain sisi, Manchester United juga berkesempatan untuk melakukan banding agar mendapat keringanan atau pun membatah semua tudingan yang diberikan kepada mereka. Dalam pernyataan resmi, UEFA menulis:

“Philip Jones dihukum karena menghina dan melakukan kekerasan verbal langsung kepada petugas kendali doping (Artikel 15 (1) dari Regulasi Disipliner UEFA), juga karena sikap tidak respek terhadap prosedur kendali doping (Artikel 6.05 ADR),”

Jones dan Manchester United sendiri masih berada di tur pra musim 2017, mereka telah melakukan banyak partai uji coba di beberapa benua macam Amerika dan ASIA. Akhir pekan ini, Manchester United dijadwalkan akan kembali ke Inggris untuk melakukan persiapan laga Final Piala Super EUFA melawan Real Madrid.