Advertisement
Berita Sepak Bola

Hamburg Libas Dortmund Tanpa Ampun

Hamburg Libas Dortmund Tanpa Ampun
Hamburg Libas Dortmund Tanpa Ampun

Borrusia Dortmund secara mengejutkan mengalami kekalahan kedua mereka musim ini, setelah anak asuhan Thomas Tuchel tersebut dipecundangi tuan rumah Hamburger SV dengan skor 3-1. Lewis Holtby menjadi aktor kemenangan Hamburg dengan sumbangan 1 gol. Hasil tersebut membuat jarak antara Dortmund dan pemimpin klasemen Bundesliga, Bayern Munchen tetap 5 poin. Jarak poin antara keduanya akan menjadi 8 poin jika Munchen bisa mengalahkan Schalke 04 dini hari nanti.

Di pertandingan itu sendiri, Dortmund lebih menguasai jalannya permainan. Kembalinya Marco Reus membuat serangan Dortmund semakin berbahaya. Namun justru tuan rumah yang terlebih dahulu mencetak gol. Gol Hamburg dicetak oleh Michel Lasongga di menit ke-19 lewat titik putih setelah penjaga gawang Dortmund, Roman Burki menjatuhkan Ivo Ilicevic di kotak terlarang. Lasogga yang menjadi algojo sukses menaklukkan Burki dan membuat Hamburg memimpin dengan skor 1-0.

Setelah tertinggal satu gol, Dortmund semakin bernafsu untuk mencetak gol. Lewat trio Aubameyang, Reus dan Mkhittaryan Dortmund mengobrak-abrik pertahanan Hamburg. Tapi ketangguhan barisan pertahanan Hamburg dan penjaga gawang Rene Adler membuat gawang Hamburg tetap perawan. Dortmund justru kembali harus gigit jari setelah Lewis Holtby mencetak gol di menit ke-41.

Memanfaatkan serangan balik, mantan gelandang Tottenham Hotspur tersebut berhasil menceploskan bola lewat sudut sempit. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum. Babak kedua dimulai dan Dortmund masih menguasai permainan. Namun solidnya organisasi pertahanan Hamburg membuat Shinji Kagawa cs. kesulitan mengembangkan permainan. Dortmund lagi-lagi harus kecolongan, tepatnya di menit ke-55. Umpan silang pemain Hamburg disundul ke gawang sendiri oleh Matt Hummels. Skor berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Hamburg.

Upaya Dortmund untuk mengejar defisit 3 gol sulit dilakukan. Anak asuhan Thomas Tuchel ini akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit-menit akhir laga, lewat sontekan Aubameyang. Skor berubah menjadi 3-1 dan bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda akhir pertandingan. Kemenangan ini membuat Hamburg naik ke posisi 8 klasemen sementara Bundesliga dengan raihan 18 poin. Sementara untuk Dortmund, kekalahan dari Hamburg membuat mereka gagal mendekati pemuncak klasemen Bundesliga, Bayern Munchen. Munchen bisa semakin menjauh jika berhasil mencuri poin di kandang Schalke 04.