Liga Spanyol

Guardiola Hanya Mau Pulang Ke Barca Untuk Klub Junior

josep guardiola

josep guardiolaJosep Guardiola tidak menutup kemungkinan pulang ke klub lamanya, Barcelona. Namun, Guardiola hanya bersedia menangani tim B alias tim yunior Los Cules.

Guardiola pertama kalinya meniti karier sebagai pelatih di 2007 dengan menjadi juru taktik Barcelona B, kemudian dia dipercaya menangani tim utama Barca satu tahun kemudian usai raksasa Catalan tersebut mendepak Frank Rijkaard.

Di tim utama, pria yang dulu sempat memperkuat AS Roma dan Brescia sebagai pemain ini sukses jadikan bekas klubnya sebagai salah tim terbaik di dunia, dengan menjuarai tiga titel Liga Spanyol, dua trofi Liga Champions dan dua FIFA Club World Cup dalam tempo empat tahun.

Barcelona di masa kepemimpinan Josep Guardiola juga menjadi klub Spanyol pertama sepanjang sejarah yang mampu meraih treble, dan menjadi tim pertama yang memenangkan sextuplete dalam satu tahun kalender.

Kecuali menjadi juara Liga Champions, kesuksesan tersebut ditularkan ke Bayern Munchen, yang menguasai kompetisi domestik dalam tiga musim berturut-turut.

Pulang ke Barcelona

Atas keberhasilannya di Barcelona itu, publik Camp Nou masih berharap Guardiola kembali menjadi juru taktik Lionel Messi dan kawan-kawan, walaupun saat ini pelatih berkepala plontos itu masih menikmati kebersamaannya dengan Manchester City.

Barca pernah berupaya memulangkan Guardiola ke Camp Nou. Tapi bukan sebagai pelatih, melainkan sebagai direktur olahraga demi mengembangkan klub itu secara keseluruhan. Namun, Guardiola beberapa waktu lalu mengatakan jika dia membuka peluang untuk kembali ke tempat asalnya ketika akhiri karirnya sebagai pelatih, yakni di tim Barcelona B.