Advertisement
Berita Sepak Bola Liga Italia

‘Gianluigi Buffon Adalah Kiper Terbaik Sepanjang Masa’

gianluigi buffon - Juventus

Pengawal gawang Bologna, Antonio Mirante, menilai kalau Gianluigi Buffon merupakan kiper terbaik yang pernah ada. Pujian itu sendiri tak lepas dari performa cemerlangnya ketika sukses membawa Juventus menyingkirkan Barcelona di perempatfinal Liga Champions.

Juventus sukses memastikan timnya maju ke putaran semifinal Liga Champions usai menang dengan keunggulan agregat 3-0 dari Barca. Buffon mampu mencatatkan clean sheet untuk Bianconeri di 2 perduelan yang dilakoni, tepatnya di leg I dan leg II.

Dengan hasil seri 0-0 di leg II yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (20/4/2017) kemarin, membuat Buffon membukukan total 46 clean sheet dalam Liga Champions. Torehannya itu cuma kalah banyak dari 3 kiper top lainnya. Sedangkan di musim ini, Buffon telah mencatatkan 7 clean sheet.

Mirante yang mengawali kariernya dengan Juve (2004-2007), sempat jadi pelapis Buffon dalam periode itu. Mirante pun sempat membela Juve ketika tim asal Turin itu turun kasta ke Serie A di musim 2006/2007 silam.

Walaupun di periode itu Mirante bukanlah kiper nomor satu Juve, namun pesepakbola 33 tahun itu tidak kesal dan justru merasa kagum dengan performa Buffon. Dia menilai kalau Buffon merupakan sosok yang rajin latihan serta mempunyai mentalitas yang oke.

“Bekerja sama dengan Buffon merupakan sebuah pelajaran buat saya,” ungkap Mirante di salah satu media.

“Disaat dia berhenti tampil, kami bakal mengungkapkan kalau dirinya merupakan yang terbaik. Dirinya tak pernah meredam tekanan maupun kritik lalu dirinya merupakan sosok yang tak pernah membiarkan dirinya tertinggalan 1 sesi latihan.

“Dia pesepakbola yang amat fantastis, dan andil kiper merupakan yang paling berat. Anda mesti jadi atlet yang sempurna,” tutup Mirante.

Meskipun sekarang ini Buffon telah menginjak 39 tahun, ia masih bisa tampil oke secara konsisten. Sampai saat ini, ia bahkan masih mengemban tugas selaku kapten Juventus dan timnas Italia.

Di musim 2016/2017, eks kiper Parma itu sudah bermain total 37 pertandingan denan Juve di seluruh turnamen. Dari total pertandingan sebanyak itu, ia cuma kecolongan 22 kali.