Berita Sepak BolaBola DuniaPiala Dunia

Fakta Dibalik Pertarungan Brasil VS Meksiko Dan Belgia VS Jepang

Tadi malam dengan selisih empat jam, Brasil dan Belgia telah memastikan diri memasuki babak perempat final setelah Piala Dunia 2018, setelah menaklukkan Meksiko dan Jepang. Hal ini sesuai dengan prediksi dan harapan dari para pecinta sepak bola, tak seperti  yang mereka saksikan saat melihat Argentina dan Portugal harus pulang lebih awal setelah ditaklukan Uruguay dan Prancis. Namun inilah yang beberapa fakta yang bsia diambil dari laga Brasil vs Meksiko dan Belgia vs Jepang.

Brasil vs Meks\iko

  1. Pertarungan dua timnas dari benua Amerika ini diadakan tadi malam pukul 21.00 WIB di Cosmos Arena. Brasil unggul dengan menyarangkan dua gol tanpa balas, dimana kedua gol tersebut diciptakan di babak kedua.
  2. Gol Brasil yang pertama dihasilkan oleh Neymar pada menit ke 51, setelah menerima umpan dari Willan tepat di depan mulut gawang, Sementara gol kedua dihasilkan setelah tendangan dari Neymar menuju mulut gawang sempat tersentuh oleh kaki Guillermo Ochoa, sang kiper, namun akhirnya mampu diselesaikan dengan baik oleh Roberto Firmino pada menit ke 88.
  3. Ini adalah gol kedelapan Neymar di Piala Dunia 2018, sejak babak kualifikasi zona Amerika Selatan, sementara untuk Firmino ini adalah gol yang keduanya. Namun Firmino mencetak gol keduanya setelah dua menit menggantikan Phillippe Coutinho di menit ke 86.
  4. Kedua kubu sama kuat dalam kepemilikan bola di babak pertama, namun Meksiko sedikit lebih unggul dibabak kedua karena ingin menyamakan kedudukan dengan segera dan mengejar ketertinggalan mereka. Terlihat mereka banyak melakukan operan pendek terutama pada babak kedua.
  5. Meksiko melakukan banyak tackle, dibandingkan Brasil. Demikian dengan Kartu kuning yang dimilikinya dimana Brasil hanya dua sementara Meksiko 4.
  6. Dengan kekalahan ini Meksiko mengalami kutukan tak bisa menuju perempat final sejak 24 tahun yang lalu. Pasalanya dari Piala Dunia 1994, mereka tak pernah bisa lolos dari 16 besar dan ini ketujuh kalinya secara beruntun.

Belgia vs Jepang

  1. Dua timnas dari beda benua tersebut dilaksanakan pada pagi dini hari tadi pukul 01.00 WIB di Rostov Arena. Saat itu Belgia unggul secara dramatais setelah menelan dua gol lebih dulu dalam waktu enam menit, namun mereka mampu membalasnya dengan tiga buah gol menjelang dua puluh menit tersisa sebelum babak kedua berakhir. Semua gol tersebut dihasilkan pada babak kedua.
  2. Jepang mencetak pada menit ke 48 oleh Genki Haraguchi setelah menerima umpan jarak jauh dari ditengah lapangan yang dikirimkan oleh Gaku Shibasaki. Namun enam menit kemudian Takashi Inui menambahkan gol lagi untuk timnya setelah melepaskan tendangan langsung jarak jauh, tak terduga oleh Thibaut Courtois. Skor menjadi 0-2.
  3. Pada menit ke 64, Jan Vertonghen memperkecil dudukan dengan menyundul secara lambung bola liar, yang tak diduga malah masuk ke gawang Jepang. Lima menit kemudian Belgia mengimbangi Jepang setelah umpan silang dari Eden Hazard, berhasil ditanduk oleh Marouane Fellaini. Dan menjelang babak kedua berakhir, dimenit ke 90+4, Thomas Meunier memberikan umpan silang, hampir dieksekusi oleh Romelu Lukaku namun Nacer Chadli berhasil menyelesaikanna dengan baik. Skor pun 3-2.
  4. Ini adalah gol ketiga Vertonghen di Piala Dunia 2018, sejak babak kualifikasi zona Eropa, sementara untuk Fellainiini adalah gol yang pertamanya dan bagi Chadli, ini adalah gol keduanya. Menariknya Fellainiini dan Chadli merupakan pemain pengganti di menit ke 65, menggantikan Dries Mertens dan Yannick Carrasco.
  5. Belgia cendeung lebih unggul dalam hal mendominasi bola dikedua babaknya dan juga dalam hal menciptakan peluang. Sayang tak satu pun yang berhasil di babak pertama. Mereka pun juga sangat baik dalam melakukan passing.
  6. Jepang melakukan lebih banyak tackle dibanding Belgia , dibandingkan Belgia , namun mereka hanya mencatatkan satu kuning. Sementara Belgia mereka bermain bersih dan tak mendapatkan kartu kuning sama sekali.
  7. Tajk jauh berbeda dengan Meksiko, mereka juga mengalami kutukan perdelapan final, dimana mereka tak penah lolos delapan besar dalam lima turnamen terakhir, bahkan sejak mereka ikut Piala Dunia.

Demikianlah fakta menarik yang bisa diambil dari pertandingan Brasil vs Meksiko dan Belgia vs Jepang. Namun saat Keduanya bertemu di perempat final Piala Dunia 2018, manakah yang akan berhasil masuk menjadi empat besar dalam turnamen kali ini?