Advertisement
Gosip Piala Eropa

Euro 2016 Hadirkan Aplikasi Pelacak Ancaman Teror

UEFA dan pemerintahan Prancis serta seluruh negara di dunia ikut menjadi satu dalam memberantas ancaman teror yang beberapa tahun belakangan ini kembali muncul ke permukaan. Alhasil Prancis selaku dari tuan rumah pargelaran Euro 2016, tentunya memiliki beban dan tanggung jawab yang besar untuk mengamankan segala acara Euro dari awal hingga akhir nanti.

Euro 2016 Hadirkan Aplikasi Pelacak Ancaman Teror

Salah satu ancaman terbesar Prancis adalah dari segi teror dari kelompok tidak bertanggung jawab. Alhasil Prancis membuat terobosan luar biasa dengan meluncurkan aplikaso mobile sebagai alat pelacak serangan teror selama Euro 2016 berlangsung. Aplikasi ini berguna untuk memperingatkan kepada punggunanya akan zona merah berbahaya serangan teror.

Aplikasi ini diketahui bernama Sistem Informasi dan Kewaspadaan Masyarakat (SAIP) dan pembuatan aplikasi ini berdasarkan gagasan dari Kementrian Dalam Negari Prancis. Aplikasi ini akan menunjukkan kedipan pada layar jika berada dekat atau wilayah yang menjadi ancaman teror.

Tanda petingatan bahaya ini akan memakan waktu selama 15 menit setelah kejadian teror di umumkan oleh pihak yang berwajib. Di lain sisi, pengguna juga bisa memantau peringatan hingga delapan zona goegrafis yang berbeda, yang memungkinkan untuk memeriksa kondisi anggota keluarga atau pun kerabat dekat.

Aplikasi ini didasar dua bahasa Internasional yakni Inggris dan juga Prancis. Ketika serangan teror berlangsung, warna layar ppengguna akan berubah menjadi merah dan akan muncul tulisan ‘Alert’.

Akan tetapi tidak akan memunculkan getaran atau suara keras ketika aplikasi berfingsi. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi pengguna yang mungkin berada dekat dengan pelaku teror.

Selain itu, pengguna juga nanti nya bisa melakukan klik pada tombol yang tersedia sebagai bentuk untuk mengetahui apakah bala bantuan akan datang atau tidak. Ada pula pusat informasi untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan pada saat serangan teror terjadi.

Adapun beberapa upaya sedang dilakukan oleh pemerintahan Prancis sebagai bentuk dalam mengamankan pargelaran Euro 2016, mengingat jutaan manusia dari berbagai negara akan hadir di Prancis. Untuk itu, pemerintahan Prancis dan negara lain ikut berpartisipasi dalam mengikuti pengamanan Euro nanti.