Berita Sepak BolaBola DuniaBursa PemainLiga PrancisProfil Pemain

Empat Striker Handal Yang Pernah Dilepaskan PSG

Zlatan Ibrahimovic saat masih membela PSG

Paris Saint Germain mulai bersinar di Eropa terutama  sejak diambil alih oleh Oryx Qatar Sports Investments (QSI) pada tahun 2011 lalu. Mereka menjadi klub terkaya di Prancis dan salah satu yang termakmur di dunia. Tentu dengan mudah mereka merombak para pemain lama mereka dengan pemain yang lebih berkualitas, walaupun dengan harga tinggi. Namun tercatat ada empat striker handal yang pernah dilepaskan PSG. Siapakah mereka?

Zlatan Ibrahimovic

Tentu pemain asal Swedia merupakan salah satu penandatanganan bersejarah PSG setelah ia di boyong dari AC Milan. Ia ditebus dengan sebesar 20 juta euro pada tahun 2012 lalu dengan masa bakti hingga empat tahun. Diketahui, Zlatan mendapat gaji sebesar 14 juta euro, termasuk bonus, di tiga tahun pertama, dan menjadikannya pesepak bola dengan bayaran terbaik kedua di dunia, di belakang Samuel Eto’o, saat itu.

Zlatan Ibrahimovic saat masih membela PSG

Zlatan Ibrahimovic saat masih membela PSG

Ia pun membenarkan harganya dengan mencetak 156 gol dalam 180 pertandingan di semua kompetisi, dalam waktu empat tahun. Jumlah ini menjadikanya sebagai pencetak gol terbanyak saat ia meninggalkan Paris di tahun 2016, yang sayangnya dibalap oleh rekannya Edinson Cavani, di musim lalu. Namun yang jelas, performanya mampu membawa PSG meraih perhatian khusus dari klub di Eropa lainnya.

Bagaimana tidak, kehadirannya telah membantu PSG meraih 12 piala domestik, baik Ligue1, Coupe de France, Coupe de La Ligue danTrophee des Champions. Sayangnya ia belum berhasil mendapatkan piala Liga Champions baik dengan PSG maupun dengan klub lainnya di sepanjang karirnya, termasuk di klub Eropa yang terakhir yaitu Manchester United.

Ezequiel Lavezzi

Keberadaan Zlatan di musim panas 2012 berbarengan dengan pemain top lainnya seperti Thiago Silva, Ezequiel Lavezzi, Thiago Silva, dan Marco Verratti. Namun yang dimainkan sejajar dilini depan oleh pelatih mereka saat itu, yaitu Carlo Ancelotti adalah Lavezzi, yang menggunakan formasi 4-4-2. Namun daya serangnya tak setajam Zlatan.

Ezequiel Lavezzi saat bersama PSG

Ezequiel Lavezzi saat bersama PSG

Lavezzi tampil di 161 pertandingan untuk PSG dalam tiga setengah musim dengan menyumbangkan gol sebanyak 35 kali. Meskipun demikian, ia membantu PSG memenangkan sembilan trofi, sebelum ia meninggalkan Parc des Princes pada Januari 2016 lalu.

Saat itu ia beralih menuju Chinese Super League, untuk membela Hebei China Fortune hingga kini. Saat diasuh oleh Manuel Pellegrini, ia sempat mencetak 20 gol dari 27 pertandingannya di Liga, walaupun sempat kekeringan gol dalam 10 pertandingan pertamanya bersama klubnya.

Jean-Kévin Augustin

PSG juga telah melepaskan striker mudanya yaitu Jean-Kévin Augustin. Pemain jebolan akademi mereka itu sempat dilibatkan di tim cadangan mereka dengan mencetak 22 go dari 38 penampilannya. Dan saat dipromosikan ke tim utama, Ia sulit mendapatkan tempat di tim utama yang akhirnya hanya mencetak 2 gol dalam 31 pertandingan di semua kompetisi, yang diantaranya setelah duduk di bangku cadangan.

Jean-Kévin Augustin saat beralih klub dari PSG menuju RB Leipzig

Jean-Kévin Augustin saat beralih klub dari PSG menuju RB Leipzig

Dan pada musim panas 2017 lalu, ia diboyong oleh RB Leipzig dengan tebusan 13 juta euro dengan masa bakti lima tahun. Ia pun membantu klub barunya dengan mencetak 12 gol dan enam assist dari 37 pertandingan di semua kompetisi, angka yang cukup baik untuk pemain yang berusia 21 tahun.

Kevin Gameiro

Kevin Gameiro saat mencetak gol di PSG

Kevin Gameiro saat mencetak gol di PSG

Gameiro datang setahun sebelum Zlatan dan Lavezzi dimana ia direkrut PSG dari Lorient. Saat itu ia ditebus dengan harga 11 juta euro diluar bonus, untuk masa bakti selama empat tahun. Sayang dengan kedua rekannya di tahun keduanya (Zlatan dan Lavezzi), jumlah golnya semakin merosot. Namun ia telah menyumbangkan 23 gol dari 78 pertandingan yang melibatkannya disemua kompetisi. Ia pun segera menyelamatkan karirnya dengan beralih menuju Sevilla di musim panas 2013. Tiga tahun kemudian, ia berganti klub menuju Atletico Madrid dan di musim panas ini ia membela Valencia.

Itulah empat striker handal yang pernah dilepaskan PSG hingga saat ini. Akankah mereka akan melepaskan lagi penyerang andalan mereka dalam waktu dekat? Mungkinkah Edinson Cavani yang menjadi target mereka berikutnya? Bisa jadi.