Advertisement
Liga Inggris

Dele Alli, Bintang Baru Sepakbola Inggris

dele alliPada Selasa (11/4) kemarin, usia Dele Alli genap ke-21. Melihat kiprahnya yang baru seumur jagung, Alli boleh merasa berbangga.

Di waktu pemain seumuran dirinya mayoritas masih berjuang untuk mendapatkan satu tempat di Starting XI, Alli justru tak sulit untuk pamer gol dan assist setiap pekan bersama Tottenham Hotspur.

Aksi ciamiknya menghadapi Watford, Sabtu (8/4), adalah bukti terbaru. Alli membuat satu gol fantastisyang membuka pesta empat gol Spurs di pertandingan itu. Dari pinggir kiri lapangan, Alli melakukan cut-inside sebelum melepaskan sepakan terarah dari luar kotak penalti yang menghujam pojok gawang Watford.

Itu menjadi gol ke-16 Alli di Premier League musim ini. Apabila dikalkulasi dengan golnya di musim debut Premier League lalu, maka bekas pemain MK Dons ini total telah mengemas 26 gol. Jika ditambah lagi dengan semua assist yang sudah ia cetak selama ini (14 assist), maka ia telah memberi kontribusi dalam 40 gol di liga.

Angka 40 adalah catatan yang amat memuaskan bagi seorang pemain muda seperti dia. Para legenda Inggris di generasi sebelumnya macam Frank Lampard, Steven Gerrard, dan David Beckham bahkan tak pernah menggapai torehan itu ketika umur mereka seperti Alli.

Lebih mengesankannya lagi, seperti yang dicatatkan oleh Opta, total gabungan gol dan assist dari Lampard (15), Gerrard (13), dan Beckham (12) ketika usia mereka belum 21 tahun baru akan menghasilkan angka 40, yang notabene adalah jumlah gol-assist yang dikumpulkan Alli sejauh ini.

Apakah Alli adalah gabungan dari Lampard, Gerrard, dan Beckham? Siapa yang tahu? Namun satu hal pasti, di umurnya yang masih amat muda, Alli sudah merajut jalur yang tepat untuk jadi bintang baru Inggris, seperti ketiga pendahulunya yang lebih dulu pensiun.