Berita Sepak BolaBola DuniaLiga SpanyolSerba Serbi

Dani Ceballos Menjadi Bintang Baru Di Lini Tengah

Dani Ceballos saat membela Real Madrid menghadapi Manchester United di ICC 2018

Belum lama ini pelatih real Madrid Julen Lopetegui menjelaskan bagaimana Dani Ceballos telah mendorong dirinya bersaing di tempat awal dan menjadi pemain bintang yang baru di lini tengah. Hal itu didukung oleh pernyataan dari Luis Enrique yang sempat mengejarnya juga, dan kini memuji lagipenampilannya.

Profile Dani Ceballos

Pemilik nama Daniel Ceballos Fernández ini mengasah kemampuan sebak bolanya di  akademi Sevila pada usia delapan tahun, namun beralih menuju CD Utrera pada tahun 2009 dan beralih lagi dua tahun kemudian menuju Real Betis. Dengan performanya saat itu, dipromosikan ke tim utama mereka pada tahun 2014 dan sempat dilibatkan ke tim cadangan mereka namun sejak kampanye 2014-15 lalu, ia dipercayakan untuk turun membela Real Betis yang bermain di divisi dua Liga Spanyol , dan membantu timnya dipromosikan ke La Liga akhir musim itu.

Dani Ceballos saat membela Real Betis menghadapi Isco di Real Madrid

Dani Ceballos saat masih membela Real Betis menghadapi Isco di Real Madrid

Walaupun saat itu usianya belum 20 tahun namun Ia selalu dimainkan lebih dari 30 pertandingan. Dan performanya saat itu membuat Real Madrid merekrutnya pada musim panas 2017 lalu dengan tebusan 18 juta euro. Sayangnya saat itu Zinedine Zidane lebih sering membuatnya menghangatkan bangku cadangan, dimana ia hanya dimainkan sebanyak 12 kali di La Liga.

Dani Ceballos dan La Liga 2018-19

Beruntung baginya setelah kepergian dari pelatih yang membawa timnya meraih tiga gelar juara Liga Champions itu, ia mulai diperhatikan oleh Lopetegui. Tercatat di musim ini ia telah menjadi starter dua dari lima pertandingan La Liga. Kepercayaan itu datang karena sang pemain dinilai baik oleh sang pelatih saat ia mengatakan, “Dani telah mempersiapkan dengan baik selama musim panas. Dia berlatih dengan baik, dia datang ke sini dalam kondisi sangat baik dan sekarang dia menikmati awal yang sangat baik,”.

Dani Ceballos saat membela Real Madrid menghadapi Manchester United di ICC 2018

Dani Ceballos memanfaatkan kekosongan pemain utama Real Madrid di ICC 2018

Memang Ceballos pandai memanfaatkan kekosongan beberapa pemain utama mereka saat musim panas kemarin dimana sebagian dari mereka berkutat di Piala Dunia. Ia pun mampu mencuri perhatian sang pelatih saat Madrid tanpa kekuatan lini tengah mereka.

Dani Ceballos dan Luis Enrique

Namun performanya itu bukan terjadi sesaat saja, karena mantan pelatih Barcelona Luis Enrique juga sempat memujinya dan mengatakan,  “Saya melihatnya berkali-kali di Under-21, dan dia melakukan hal yang sama hari ini yang biasa dia lakukan di sana, tetapi kini dalam debut seniornya. Sangat sedikit pemain di levelnya, yang melakukan ini.”.

“Hal-hal yang telah kita lihat dia lakukan dengan Madrid dan Beti. Dia tidak mudah panik, dia tidak kehilangan kepemilikan, dia menangani tekanan, membuat umpan terakhir, dia membawanya ke depan.”.

Dani Ceballos Real Betis saat diburu oleh Barcelona dan Real Madrid

Dani Ceballos Real Betis saat diburu oleh Barcelona dan Real Madrid

“Dia adalah pemain spesial, tidak banyak pemain sepertinya dalam sepakbola. Jika seorang debutan memainkan permainan semacam itu dan menerima tantangan, kami hanya bisa meminta lebih banyak darinya.”

Luis Enrique, tentu saja, adalah penggemar lama Ceballos, dan sempat berusaha untuk memancingnya ke Camp Nou pada tahun 2017. Sayang kegagalannya bisa berbalik kepada mereka saat rivalnya Real Madrid, telah menemukan pemain incaran mereka.

Baca juga berita : Imbangi Athletic, Madrid Tak Merindukan Kehadiran Ronaldo

Jika pernyataan Julen Lopetegui dan Luis Enrique dapat dipertanggung jawabkan, maka Madrid telah menemukan solusi jangka panjang mereka di lini tengah dalam diri Dani Ceballos. Meraka hanya perlu menyempurnakannya dengan kemampuan menyerang, seperti yang dilakukan Toni Kroos dan Luka Modric.