Berita Sepak BolaBola DuniaBursa PemainLiga ItaliaProfil Pemain

‘Cristiano Ronaldo Economics’ Tidak Hanya Untuk Juventus?

Cristiano Ronaldo mempengaruhi perekonomian di seluruh klub di Serie A

Dalam sepakbola ada Ada pepatah mengatakan, ‘Tidak ada yang lebih besar dari klub’ namun Cristiano Ronaldo mematahkannya, setidaknya dalam hal media sosial dengan Juventus. Namun ‘Cristiano Ronaldo Economics’ juga tidak hanya memperkaya dirinya dan juga Juventus melainkan ke sasaran yang lebih luas termasuk di seluruh klub yang bermain di Serie A.

Cristiano Ronaldo dan Media sosial

Peningkatan media sosial Juventus saat kedatangan Cristiano Ronaldo di mnusim panas 2018 ini

Peningkatan media sosial Juventus saat kedatangan Cristiano Ronaldo menurut Bleach report

Belum lama ini, tercatat bahwa Cristiano Ronaldo telah memiliki follower di media sosial (Twitter, Facebook dan Instagram) dengan total 334,9 juta pengikut. Sementara klubnya Juventus memiliki 55,1 juta pengikut dimana enam juga diantaranya bertambah saat Ronaldo resmi direkrut oleh raksasa Italia. Tentu sebagai anak muda jaman now, angka setinggi itu sangat luar biasa.

Selain itu, menurut Deportes & Finanzas, Juventus menduduki peringkat no.1 di antara klub sepak bola untuk tampilan YouTube pada bulan Juli kemarin (serta interaksi Instagram dan Facebook), dengan 36,3 juta penonton. Mungkin anda belum berapa penonton di media tersebut sebulan sebelumnya dan pasti anda terkejut karena hanya 3,07 juta penonton. Ini berarti penontonnya membluadak 12 kali lipat hanya karena kedatangan Ronaldo ke Juventus.

Penjualan Jersey Juventus melejit sejak Cristiano Ronaldo bergabung di usim panas 2018 ini

Penjualan Jersey Juventus melejit sejak Cristiano Ronaldo bergabung di usim panas 2018 ini

Peningkatan internet tentu tak terasa jika dibandingkan dengan keadaan nyata terutama dibidang financial. Saham Juventus naik secara signifikan (dari 0,627 sen pada 11 Juni hingga 0,861 pada 10 Agustus). Belum lagi lonjakan penjualan jersey mereka (satu menit sehari terjual setelah kedatangannya). Memang banyak yang memprediksi bahwa pembelian Ronaldo akan terbayar lunas hanya dengan penjualan jerseynya saja, namun sayangnya, mereka hanya menerima 20 hingga 25 persen saja dari uang yang diberikan oleh adidas dari setiap penjualan jersey. Meskipun demikian, tetap saja sudah sudah mulai menghasilkan aliran dana secara signifikan. Bagaimana jika ia telah bermain dengan Juventus dan memenangkan piala, apalagi piala di Liga Champions?

Cristiano Ronaldo Economics’

Sebagaimana diuraikan dalam laporan terbaru KPMG, klub-klub elit papan atas Eropa telah telah lama menyadari bahwa “penggemar dapat diubah menjadi pelanggan”  dan meningkatkan kekayaan mereka. Dan menariknya tidak ada yang memiliki lebih banyak penggemar daripada Cristiano Ronaldo. Bahkan tidak juga didunia hiburan dimana Ronaldo memiliki 139 juta pengikut di Instagram sementara artis cantik nan seksi Kim Kardashian memiliki 115 juta pengikut.

Hal ini membuat banyak perusahaan yang ingin meng-endorse produknya dan menggunakan Ronaldo sebagai iconnya. Iklan di media sosial saat ini tak dapat dipungkiri telah membantu banyak produsen banjiran order. Inilah yang disebut ‘Cristiano Ronaldo Economics’,

Timothy Bridge, yang perupakan penulis dari Deloitte ‘s ‘Football Money League’ menjelaskan,  “Dia salah satu selebriti terkenal di dunia dan itu memiliki nilai besar karena semakin banyak penggemar sepakbola saat ini mengikuti pemain daripada tim,”.

“Mereka menyukai cara mereka bermain dalam suatu pertandingan atau hanya menyukai kepribadian, gambar, dan tidak ada yang memiliki citra yang lebih baik daripada Ronaldo, jadi mereka akan membayar hanya untuk menonton pertandingannya.”

Cristiano Ronaldo Economics’ terhadap klub Serie A

Cristiano Ronaldo mempengaruhi perekonomian di seluruh klub di Serie A

Cristiano Ronaldo mempengaruhi perekonomian di seluruh klub di Serie A

Hal ini juga berlaku untuk Juventus yang akan terkena getahnya. Pendukung Juventus sepertinya tak lagi mengeluh tentang kenaikan harga tiket sebesar 30 persen sebelum kesepakatan Ronaldo terjadi. Tentu mereka mengharapkan untuk mengalihkan 29.300 kursi kosong mereka menjadi uang dimana akan terjadi pemasukan sebesar 33 euro di musim ini, sebuah peningkatan keuntungan sebesar 30% pada tiket pada musim lalu 2017-18  sebesar 25,7 juta eruo.

Bukan hanya fans Juve yang ingin melihat Ronaldo beraksi di pertandingan kandang. Pasalnya setiap stadion tempat ia bermain tandang di musim ini juga diperkirakan akan menemukan tiket mereka ludes terjual bahkan jika itu adalah klub underdog. Sementara disisi lain, Serie A sendiri sudah mendapat manfaat dari kedatangannya dalam hal hak siar TV.

Baca juga : prediksi skor Liga Italia Chievo vs Juventus 18 Agustus 2018

Bridge menambahkan, “Ronaldo jelas merupakan hasil gabaran besar di box-office. Beberapa orang akan datang ke pertandingan hanya untuk melihat dia sendirian, pertama karena dia seperti seorang superstar, dan kedua karena, pada usia 33, mungkin tidak akan ada banyak kesempatan lagi untuk melihatnya lagi di masa depan. “.

“Bahkan penggemar klub lain di liga lain juga sangat tertarik untuk melihat ‘efek Ronaldo’ saat beraksi; mereka ingin tahu apa dampak fenomena ini terhadap permainan Italia. Dan itu adalah fenomena global, juga, yang berarti Ronaldo telah membuka pasar baru untuk Juventus dan untuk sepakbola Italia.”.

Sederhananya, Cristiano Ronaldo telah menghidupkan kembali Seri A dengan Cristiano Ronaldo Economics’, tidak hanya memperkaya dirinya dan Juventus melainkan klub lainnya di kompetisi tertinggi Italia. Dan merk CR7 akan mengubah persepsi global tentang Serie A.