Advertisement
Liga Spanyol

Bukan Karena Skill, Ini Alasan Ter Stegen Idolai Kiper Legendaris Jerman

Marc-André ter StegenAda beberapa hal yang menjadi alasan bagi seseorang untuk menentukan tokoh yang menjadi idolanya. Satu di antara contoh diduga adalah penjaga gawang Barcelona, Marc-André ter Stegen yang mengidolai kiper legendaris Jerman, Oliver Kahn.

Dalam sebuah sesi wawancara beberapa hari lalu, Marc-André ter Stegen bicara soal mengapa dia memilih Oliver Kahn sebagai sosok yang layak menjadi panutan. Kiper Barcelona ini mengaku dia mengidolakan Kahn bukan karena kemampuannya di atas lapangan.

Satu hal yang menjadi kekaguman Marc-André ter Stegen kepada Oliver Kahn adalah karena keseharian sang kiper legendaris. Selain itu, menurut Ter Stegen, Oliver Kahn adalah seorang motivator yang luar biasa.

“Oliver Kahn luar biasa sebagai seorang motivator, sekaligus menekan mental lawan. Itulah alasan kenadap aku kagum. Sampai sekarang, dia adalah sosok panutan bagiku ketika di lapangan,” ungkap Marc-André ter Stegen.

Pilihan Marc-André ter Stegen tak salah. Kahn merupakan salah satu kiper terbaik yang pernah ada Jerman dan dunia. Bersama Bayern Munchen, Kahn memenangkan 8 trofi juara Bundesliga, 6 Piala Piala DFB, Liga Champions 2000-2001, Piala UEFA 1995-1996, serta Piala Interkontinental 2001.

Kahn berjasa mengantarkan tim nasional Jerman memenangkan juara Piala Eropa 1996, meraih peringkat tiga Piala Konfederasi 2005, runner-up Piala Dunia 2002 serta peringkat 3 Piala Dunia 2006.

Tak heran jika sederet prestasi tersebut membuat Marc-André ter Stegen ingin mencontoh seniornya iktu. Dan sekarang, jalan bagi kiper Barcelona tersebut sudah terbuka. Di level klub Ter Stegen sudah meraih segudang prestasi, sementara jalan menjadi kiper utama Timnas Jerman tinggal selangkah lagi.