Advertisement
Berita Sepak Bola Liga Lain Serba Serbi

Bukan Hanya David Beckham, Ini Pesepak Bola yang Punya Klub Sendiri

Menjadi salah satu legenda di Manchester United, David Beckham, kini melebarkan sayapnya sebagai pemilik klub baru Major League Soccer yang terletak di Miami.

Seperti yang sudah diberitakan, klub sepakbola David Beckham baru diresmikan di Miami, Senin (29/1/2018) kemarin. Klub tersebut berdiri sebagai bagian dari perjanjian kontrak Beckham saat bermain untuk LA Galaxy di tahun 2007 yang lalu.

Klub tersebut didirikan sejak tahun 2014 silam. Namun, banyak hal yang menjadikan pendirian klub sepakbola Major League Soccer tersebut terhambat. Dengan kerja sama Beckham dan beberapa pengusaha. Akhirnya, klub tersebut didirikan walau sampai kini, mereka belum menetukan nama klub itu.

Sekarang, suami Victoria Beckham tersebut sedang membenahi beberapa fasilitas, yakni akademi dan stadion. Dirinya sendiri menargetkan klubnya akan disiapkan untuk Liga Utama Amerika Serikat sejak tahun 2020 yang akan datang.

Sebelum membentuk tim di Miami, Beckham sejatinya nyaris membentuk klub di New York di tahun 2014 yang lalu. Tapi, pelatih berumur 42 tahun tersebut lebih menginginkan kesebelasan di Miami. Walau begitu, David Beckham nyatanya bukan satu-satunya mantan pemain yang kini menjadi pemilik klub.

Berikut empat pemain lainnya yang kini menjadi pemilik klub sepakbola :

  1. Didier Drogba

Didier Drogba mungkin jadi satu-satunya pemilik sekaligus pemain di klubnya. Drogba menjadi pemilik klub divisi dua di Amerika Serikat yakni Phoenix Rising di Arizona. Walau begitu, Drogba memiliki rencana agar timnya dapat tampil di MLS. Bersama penyanyi Diplo dan pemain bass Fall Out Boy, Pete Wentz menjadi pemilik klub tersebut.

  1. Lulusan Class of 92

Manchester United pernah menciptakan tim Class of 92. Setelah gantung sepatu, para lulusan tim ini kebanyakan bekerja di klub divisi bawah Inggris, Salford City. Mantan MU yang menjadi pemilik klub ini yakni Neville bersaudara, Nicku Butt, Paul Scholes, dan Ryan Giggs.

Salford City sendiri sudah dua kali melakukan promosi. Saat ini, mereka tampil di divisi keenam Liga Inggris.

  1. Paolo Maldini

Sebelum adanya klub sepakbola David Beckham di Miami, klub dari legenda hidup AC Millan, Paolo Maldini sudah terbentuk. Namun, Miami FC kepunyaan Maldini hanya akan tampil di divisi kedua di Amerika Serikat, NASL. Sementara klub milik Beckham akan bersaing di MLS.

Klub Paolo Maldini dibentuk dari sponsor apparel asal Italia, Macron. Kini, Maldini menjadikan Alessandro Nesta sebagai pelatih Miami FC.

  1. Eden Hazard dan Demba Ba

Ternyata pemain yang belum pensiun bisa jadi pemilik klub. Seperti yang dilakukan pemain Chelsea dengan klubnya yang tampil di NASL. Eden Hazard dengan Demba Ba serta beberapa pemain lain membentuk klub NASL di San Diego.

Walau begitu, Hazard bukan pemilik saham tertinggi di klub San Diego 1904 FC itu, melainkan Demba Ba dengan 35 persen sahamnya.