Berita Sepak BolaCornerLiga JermanSerba Serbi

Borussia Dortmund Resmi Angkat Lucien Favre Sebagai Pelatih Musim Depan

Lucien Favre resmi menjadi pelatih Borussia Dortmund

Pelatih OGC Nice musim lalu yaitu Lucien Favre, dipastikan akan mengasuh Borussia Dortmund di musim depan. Hal ini diungkapkan oleh situs resmi klub berseragam kuning hitam itu kemarin, dimana pelatih berusia 60 tahun itu telah menanda tangani kontrak selama dua tahun.

Memang Dortmund mengalami kampanye yang mengecewakan di musim lalu, dimana mereka hampir tak mendapatkan tiket menuju liga Champions untuk musim ini. Dua pemain lini depannya hengkang dari Signal Iduna Park, yaitu Ousmane Dembele dan juga Pierre Emerick Aubameuang sementara mereka pun telah menghentikan dua pelatih yang ditunjuk di musim yang sama yaitu Peter Bosz dan Peter Stoger.

Peter Stoger dan Peter Bosz yang menagasuh Dortmund tidak sampai satu musim.

Di musim ini mereka pun menunjuk pelatih asal Swiss yang mengasuh Nice di musim lalu selama dua tahun. Ia pun sempat membawa Nice keperingkat ketiga klasemen di musim perdananya membawa mereka mendapatkan tempat di Liga Champions, namun sayangnya di musim ini melorot ke posisi delapan, bahkan mereka tak mendapatkan kesempatan bermain di Liga Eropa.

Pelatih yang pernah mengasuh Herta Berlin dan Borussia Monchengladbach itu pun akhirnya pergi meninggalkan Nice namun ia telah mendapatkan pekerjaan lain karena ia ia ditunjuk sebagai manajer baru Dortmund dengan kontrak hingga 30 Juni 2020.

Direktur Olahraga Dortmund yaitu Michael Zorc mengatakan, “Penunjukan Lucien Favre sebagai pelatih merupakan aspek penting dari memulai awal yang baru segar untuk sepak bola kami musim panas ini. Dia sangat dihormati oleh kami karena kualitas teknis yang dia tunjukkan dalam gaya yang mengesankan berkali-kali sepanjang mantranya terutama dengan Hertha BSC dan Mönchengladbach di Bundesliga, dan belum lama ini dengan Nice. ”

Lucien Favre resmi menjadi pelatih Borussia Dortmund

Lucien Favre resmi menjadi pelatih Borussia Dortmund

Sementara disisi lain, Favre pun mengungkapkan pendapatnya tentang tantangan barunya dan mengatakan, “Melatih Borussia Dortmund adalah pekerjaan yang sangat menarik, dimana saya senang untuk mengambilnya.”.

“Saya ingin berterima kasih kepada direksi atas kepercayaan pada saya. Sekarang kami akan bekerja sama di tim baru. BVB sendiri merupakan salah satu klub paling menarik di Eropa, dan saya menantikan untuk kembali ke Bundesliga, yang saya tahu dengan sangat baik dan selalu diingat dalam dua tahun di Nice.”

Diketahui alasan lain yang lebih kongkrit mengapa Dortmund mengincar Favre karena ia dianggap oleh direksi sebagai pelatih dengan mata yang tajam untuk hal yang detail. Selain itu, ia sempat mampu bersaing ketat dengan Paris Saint-Germain dan AS Monaco dimusim perdananya di Prancis padahal ia memiliki sumber daya dan sumber dana yang jauh lebih lemah.

Meskipun demikian, dewan dari Borussia Dortmund tetap meyakini bahwa Lucien Favre yang telah membuktikan dirinya di OGC Nice itu, mampu memimpin mereka dalam menangtang Bayern Munich untuk meraih gelar Bundesliga di musim depan dan juga Liga Champions, sebelum kontrak dua tahunnya berakhir.