Berpisah dari Juventus, Berikut Fakta Menarik Gianluigi Buffon

gianluigi buffon pensiun

gianluigi buffon pensiun

Kiper terbaik dunia dari Juventus, yakni Gianluigi Buffon akhirnya memilih gantung sarung tangan setelah 17 tahun memperkuat klub Turin tersebut. Namun, Buffon ternyata tidak serta merta meninggalkan dunia bola yang membersarkan namanya.

Petinggi klub, yakni Andrea Agnelli mengungkapkan jika kiper berumur 40 tahun tersebut sudah mendapatkan tawaran untuk bermain di tempat lain.

Berita tentang pindahnya Buffon dari Juve diungkapkan secara langsung oleh dirinya sendiri lewat konferensi pers di hari ini, Kamis (17/5/2018). Secara pasti dalam laga Juve melawan Verona pada Sabtu (19/5/2019) yang akan digelar di Allianz Stadium tersebut merupakan laga pamungkasnya dengan si Nyonya Tua.

gianluigi buffon pensiun

“Sabtu lalu merupakan laga terakhir saya bersama Juventus dan saya meyakini hal tersebut merupakan yang terbaik untuk menyudahi pengalaman berharga dengan mereka,” ucapnya saat konferensi pers.

Sebelum kiper terbaik dunia tersebut memutuskan berhenti, Gigi sudah memperoleh banyak tawaran untuk karirnya selanjutnya. Hal itu juga dipaparkan saat menjalani konferensi pers.

“Sampai 15 hari yang lalu, disebutkan dengan jelas jika saya sudah memantapkan hati untuk berhenti. Akan tetapi, kala itu, beberapa tawaran dan tantangan yang baru sudah ada,” tambahnya lagi.

Berikut fakta menarik Gianluigi Buffon selama di Juventus :

  1. Buffon mengawali debut Serie A di tanggal 19 November 1995. Kala itu, Buffon berumur 17 tahun 295 hari.
  2. Sejak mulai debut sampai saat ini, dia sudah bersama-sama selama 22 tahun 180 hari. Buffon sudah bermain di 639 laga.
  3. Dirinya merupakan pemain Italia dengan caps paling banyak di Liga Champions yakni 117.
  4. Giorgio Chiellini merupakan pemain yang paling sering tampil dengan Buffon yakni di 247 laga.
  5. Mempunyai catatan rekor clean sheet di Serie A, tercatat sebanyak 974 menit.
  6. Buffon sudah menang sembilan kali scudeto, paling banyak dalam catatan sejarah.
  7. Dalam laga untuk semua turnamen di klub, Buffon sudah tampil di 875 laga dengan total 78377 menit. Kemasukan sebanyak 729 gol dan 383 untuk clean sheets.
  8. Semenjak Piala Dunia 1988 hingga kini, Gianluigi Buffon adalah kiper dengan penyelamatan paling banyak yakni 48.